Saturday, December 8, 2012

Code Blue Season 1 (2008)

Code Blue (2008)






Another Yamapi's dorama? Hihihihi,, yeah, that's right! But it's not the only reason why I wanna watch this dorama. I like the genre! Medical. Something new for me again! Gambaran kasarnya yang ada di pikiranku, ini cuma dorama tentang medis doank. Tapi ternyata agak beda dikit. Maksudnya ini tentang emergency medical team yang disebut Doctor Heli yang menggunakan helikopter sebagai sarana untuk menyelamatkan pasien yang kritis. Jadi, ceritanya buat kasus-kasus yang parah, kayak misalnya ada kecelakaan di area yang sulit untuk dijangkau dengan kendaraan darat, nah, disinilah peran Docter Heli diperlukan. Yang pasti kalo ada panggilan untuk Doctor Heli, mereka harus siap sedia setiap saat. 



Empat orang dokter magang yang sudah cukup terlatih di bagian Emergency Room (ER), Aizawa Kosaku (Yamapi), Shiraishi Megumi (Gakky), Hiyama Mihoko (Erika Toda) dan Fujikawa Kazuo (Asari Yosuke) ditugaskan di RS Shohoku. Mereka sengaja diikutkan dalam program beasiswa yang dilakukan oleh RS Shohoku  untuk menjadi Flight Doctor yaitu dokter yang siap terbang ke lokasi kecelakaan untuk mengobati pasien di tempat kejadian dan membawanya ke rumah sakit.





Kuroda-sensei, Flight Doctor senior yang rekor terbangnya paling banyak di antara para dokter lainnya, ditugaskan sebagai dokter pamong para dokter magang tersebut. Kuroda-sensei terkenal sebagai dokter yang kurang suka pada dokter-dokter muda. Dan karena itulah, kepala Emergency Unit RS Shohoku, Tadokoro Yoshiaki menyuruhnya menjadi dokter pamong. Tapi tujuan utamanya adalah meningkatkan kinerja kerja Flight Doctor yang krisis akan dokter yang berpengalaman dalam flight doctor itu sendiri.


Hari pertama menginjakkan kaki di RS Shohoku, keempat dokter magang tersebut bahkan udah di uji kemampuannya secara langsung oleh para dokter di rumah sakit tersebut. Mereka harus menunjukkan kemampuan terbaik mereka karena persaingannya memang sangat ketat untuk menjadi seorang Flight Doctor. Dan hari pertama training tersebut, Aizawa dan Shiraishi langsung lulus dan berhak untuk ikut serta dalam operasi. Sedangkan Hiyama dan Fujikawa yang gagal harus melakukan tugas lain.

 

 
 

Keempat dokter muda tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Aizawa; cool, tenang, skillnya paling baik diantara yang lain, tapi dingin dan kurang kooperatif . Shiraishi; pintar, bagus dalam perawatan medis tapi kaku, kurang percaya diri dan kurang tegas. Hiyama; ambisius, gigih tapi sedikit cuek, keras dan ngomongnya blak-blakan. Fujikawa; supel, ramah, tapi kurang pintar.

 


Selain dokter, perawat yang berkualitas juga diikutsertakan dalam dokter heli dan menjadi Flight Nurse. Salah satu Flight Nurse adalah Saejima Haruka (Higa Manami) yang karakternya dingin dan bicaranya blak-blakan tapi sangat care. 


Setiap harinya, keempat dokter magang tersebut saling bersaing untuk bisa ikut dalam dokter heli. Kesalahan sekecil apapun tidak akan ditolerir dan membuat mereka tidak akan mendapat kesempatan untuk ikut terbang. Di sini kita akan melihat persaingan sehat diantara mereka. Juga bagaimana para dokter senior menguji mereka. (Untungnya dokter seniornya nggak sok-sok senior kayak dokter di.. upss...).

 

Walaupun dorama ini bertema medis, tapi nggak melulu cerita soal medis. Kisah kehidupan pribadi masing-masing para dokter di rumah sakit tersebut juga diceritakan. Kita akan diajak turut serta merasakan apa yang dirasakan oleh para dokter tersebut, seperti ketika mereka harus berhadapan dengan pasien dalam situasi sulit di lokasi kejadian. Belum lagi jika mereka harus melakukan tindakan medis yang sulit langsung di tempat kejadian, seperti mengoperasi pasien langsung di lapangan. Mereka juga harus siap mengambil resiko dengan mengesampingkan perasaan dan mementingkan logika. Dengan kata lain, para dokter tersebut harus siap secara mental dan fisik ketika mengalami situasi medis traumatis dimana pengalaman akan menjadi sesuatu yang sangat berharga yang akan menempa mereka menjadi pribadi yang kuat dan profesional.


 




Yamapi perannya cool lagi. Aizawa itu copyan Kurosaki, deh! Tapi rambutnya copyan Naoki. Eh, kebalik, deng, Naoki yang copyan Aizawa, soalnya kan Code Blue duluan yang tayang dibanding Buzzer Beat. Cuma aku aja yang nontonnya kebalik. Peran cool emang bikin Yamapi jadi makin hot sih tapi kalo peran gini terus yang didapat, nggak akan ada peningkatan akting, donk namanya. Mudah-mudahan dia dapat peran yang benar-benar beda dari peran-perannya sebelumnya.


 

Nah, Yamapi reunian lagi sama Erika Toda di sini, setelah sebelumnya main bareng di NwP. Tapi jangan berharap dipasangkan, deh! Nggak bakal! Di sini nggak ada cerita cinta-cintaannya barang sedikit pun. Padahal ku kira awalnya, Erika dan Gakky bakalan jadi rival untuk memperebutkan cinta Yamapi. Kyaaa.. Yamapi tau aja kalo hanya aku yang paling manis #plakkk  #ditabokpakepanci. Aku suka banget karakter Erika di sini dibanding karakter-karakter dia yang lain.


Sebelum Code Blue, aku udah liat duluan Gakky di MBMH. Di situ dia manis banget tapi di sini aku benci banget sama rambutnya, terutama poninya! (Oh, plis nggak usah pake belahan poni tengah gitu, donk!). Mending juga poninya dipotong pendek aja! Malahan kadang poninya itu ganggu banget, sumpah! Ini kan ceritanya dokter, jadi kalo model potongan poni kayak gitu, sangat-sangat merepotkan dan mengganggu sekali menurutku. Mending kayak Higa Manami, rapi dan bikin dia cantik. Kalo rambut Erika nggak diikat, horor juga, sih! Masih soal rambut, rambut Yamapi juga terlalu keren untuk ukuran dokter, LOL! Kepanjangan, sih menurutku! Yang benar-benar tipikal gaya seorang dokter adalah Asari Yosuke, lengkap dengan kacamatanya, hehehe..


 


Asari Yosuke yang baru pertama kali ini aku liat, menurutku aktingnya sebagai Fujikawa si mood maker udah cukup bagus. Higa Manami juga baru di sini dan episode perdana Hammer Session! doank aku liatnya. Trus para pemeran dokter lainnya, dimainkan oleh para aktor dan aktris yang jam terbangnya udah tinggi di dunia perdoramaan sehingga aktingnya udah nggak usah ditanya lagi. Bahkan Yamapi juga reunian sama ayahnya di  Kurosagi, Sugimoto Tetta yang jadi Saijo-sensei. Tak ketinggalan, aktor pemeran pilot dan co-pilot doctor heli yang kadang cukup menghidupkan suasana.

 


Aku suka banget sama lagu OST-nya Hanabi yang dinyanyikan oleh Mr. Children. Awalnya nggak suka, loh aku sama lagunya tapi makin lama didengerin, kok tambah enak! Akhirnya sampe sekarang aku suka banget sama, tuh lagu! Yang pasti, Code Blue is a recommended dorama! Kapan, ya bakal ada Doctor Heli di sini? Hmm... mimpi, deh kayaknya! Tau sendiri, kan gimana kualitas dokter di sini. Belum lagi pemerintahnya.. syalalalala...

 
  
 
 
 
 




***

Details

  • Title: コード・ブルー
  • Title (English): Code Blue
  • Tagline: ドクターヘリ緊急救命 /Doctor Heli Kinkyuu Kyumei
  • Tagline (English): Doctor Heli - Emergency Lifesaving
  • Genre: Medical drama
  • Broadcast network: Fuji TV
  • Episodes: 11
  • Viewership rating: 15.6 (Kanto)
  • Broadcast period: 2008-Jul-03 to 2008-Sep-12
  • Air time: Thursday 22:00
  • Theme song: HANABI by Mr.Children

Cast

  • Yamashita Tomohisa as Aizawa Kosaku (Flight doctor-in-training)
  • Aragaki Yui as Shiraishi Megumi (Flight doctor-in-training)
  • Toda Erika as Hiyama Mihoko (Flight doctor-in-training)
  • Higa Manami as Saejima Haruka (Flight nurse)
  • Asari Yosuke as Fujikawa Kazuo (Flight doctor-in-training)
  • Kodama Kiyoshi as Tadokoro Yoshiaki (Emergency Unit Chief)
  • Katsumura Masanobu as Morimoto Tadashi (Flight Doctor)
  • Ryo as Mitsui Kanna (Flight Doctor)
  • Yanagiba Toshiro as Kuroda Shuji (Flight Doctor)
  • Sugimoto Tetta as Saijo Susumu (Brain Surgeon)
  • Terajima Susumu as Kaji Toshi (Pilot)
  • Yuui Ryoko as Todoroki Seiko (Communication Specialist)
  • Hiwatashi Shinji as Anzai Yasuyuki (Co-pilot)

Episode Titles
  • Ep. 01: Decision
  • Ep. 02: Responsibility
  • Ep. 03: Sudden Change
  • Ep. 04: Mother's Love
  • Ep. 05: The Past
  • Ep. 06: Unconditional Love
  • Ep. 07: Confession
  • Ep. 08: Unavoidable Decision
  • Ep. 09: Broken Bond
  • Ep. 10: Wavering Heart
  • Ep. 11: Life and Death

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Code Blue Special (2009)


 



Spoiler Alert!

Keempat dokter magang flight doctor beserta seorang flight nurse; Aizawa, Shiraishi, Hiyama dan Fujikawa serta Saejima kembali lagi ke RS Shohoku setelah liburan selesai. Sebelumnya mereka menghadapi insiden kecelakaan besar di terowongan. 



 
  
 

Lalu, aktivitas para dokter di rumah sakit tersebut pun kembali seperti biasa. Kali ini Hiyama malah sedikit cekcok dengan seorang dokter magang di bagian Heart Surgery yang salah mendiagnosa penyakit pasien dan menyebabkan pasien hampir meninggal. 




Di sisi lain, hal yang tak terduga terjadi, Kuroda-sensei tiba-tiba mengundurkan diri. Hal tersebut tentu sangat disayangkan oleh para dokter lainnya, terutama Shiraishi yang masih trauma dengan kejadian yang menimpa Kuroda-sensei dan merasa amat sangat bersalah. 

 

 

 
Rikues untuk doctor heli kali ini datang dari insiden kecelakaan kereta api di Chiba. Jumlah pasien yang mengalami luka jauh lebih banyak dari kecelakaan terowongan yang sebelumnya. Keempat dokter magang beserta flight doctor senior pun diterjunkan langsung ke lapangan. Tapi karena Kuroda-sensei sudah mengundurkan diri, otomatis beban yang mereka tanggung semakin besar. Apalagi mereka harus terus survive walau tanpa Kuroda-sensei.

 

 



Jarang-jarang SP suatu dorama itu lebih bagus dari doramanya itu sendiri, tapi Code Blue ini membuktikan bahwa SP-nya jauh lebih seru dan menarik. Banyak twist dan kejadian tak terduga. Belum lagi melihat kecelakaan yang terlihat real itu, dimana para dokter harus cepat dan sigap mengobati pasien di lapangan. Yang keren adalah kerja mereka yang cepat dan saling membantu antara dokter dan pemadam kebakaran. Aku jadi langsung mikir, kalo kecelakaan kayak gini terjadi di sini (baca: negeri ini), pasti kerjanya pada lambat semua dan nggak ada koordinasi yang baik antara dokter, pemadam kebakaran atau polisi. (Udahlah, kalo ngomongin negeri ini jadi capek sendiri, miris!).



Dan akhirnya, SP-nya ini pun masih menyisakan banyak tanda tanya yang belum terjawab. Sabar, kita bisa tau nanti di Code Blue Season 2.






***

Details

  • Viewership rating: 23.1 (Kanto)
  • Broadcast date: 2009-Jan-10
  • Air time: 21:00-23:10
  • Theme song: HANABI by Mr.Children
  • Insert songs: Kaze to Hoshi to Moebius no wa & Koe by Mr.Children 

Cast

  • Yamashita Tomohisa as Aizawa Kosaku (Flight doctor-in-training)
  • Aragaki Yui as Shiraishi Megumi (Flight doctor-in-training)
  • Toda Erika as Hiyama Mihoko (Flight doctor-in-training)
  • Higa Manami as Saejima Haruka (Flight nurse)
  • Asari Yosuke as Fujikawa Kazuo (Flight doctor-in-training)
  • Kodama Kiyoshi as Tadokoro Yoshiaki (Emergency Unit Chief)
  • Katsumura Masanobu as Morimoto Tadashi (Flight Doctor)
  • Ryo as Mitsui Kanna (Flight Doctor)
  • Yanagiba Toshiro as Kuroda Shuji (Flight Doctor)
  • Sugimoto Tetta as Saijo Susumu (Brain Surgeon)
  • Terajima Susumu as Kaji Toshi (Pilot)
  • Yuui Ryoko as Todoroki Seiko (Communication Specialist)
  • Imai Rika as Kashiwabara Aya (Heart Surgery doctor-in-training)
  • Hiwatashi Shinji as Anzai Yasuyuki (Co-pilot) 
  • Shima Kaori as Aizawa Kinue

***source: DramaWiki 





 





No comments:

Post a Comment