Thursday, January 4, 2018

Koe Koi (2016)


Koe Koi (2016)






Already two years I didn't write review more. Tapi sebenarnya aku masih menonton beberapa dorama dalam rentang dua tahun ini, hanya terlalu malas untuk mereviewnya. Mood untuk menonton dorama lagi seperti dulu yang bisa 2-3 dorama dalam sebulan bisa tamat, masih belum kembali juga. Menonton satu dorama saja bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menamatkannya. Bahkan ada yang belum dilanjutkan lagi nontonnya setelah setahun hingga dua tahun ini. Dan sekarang lebih memilih tontonan dorama ringan dengan durasi singkat saja mengingat tidak punya banyak waktu luang lagi seperti dulu. Salah satunya Koe Koi yang menarik perhatianku karena karakter utamanya yang unik, seorang pemuda yang selalu mengenakan kantung kertas menutupi kepalanya.


Yoshioka Yuiko (Nagano Mei) baru saja memulai kehidupan SMA-nya. Namun dia jatuh sakit dan harus beristirahat di rumah. Dia lalu mendapat telepon dari teman sekelasnya, Matsubara (di suarakan oleh Sakurai Takahiro). Suara Matsubara yang lembut membuat jantungnya berdebar-debar. Dia jatuh hati pada suara indah Matsubara. Esoknya, dia pergi ke sekolah dan bertemu Matsubara. Namun ternyata, sosok Matsubara yang telah membuatnya jatuh hati itu adalah seorang lelaki yang misterius dengan kantong kertas yang menutupi kepalanya.



Karakternya memang unik, tapi jalan ceritanya soooo biasa banget, cuma kisah cinta (monyet) remaja yang malu-malu kucing (tapi mau). Wajarlah, toh ini berdasarkan manga dengan judul sama Koe Koi. Aku belum baca manganya tapi sepertinya lebih seru baca manganya. Dan, ya, sebenarnya dorama ini sama sekali udah nggak cocok buat tontonan seumuranku. Harusnya aku nontonnya puluhan tahun lalu ketika remaja. Hei, apa aku setua itu? Well, berhubung aku lagi malas nonton dorama yang berat, jadi Koe Koi memang pilihan yang tepat. Ringan, nggak perlu mikir sama sekali ketika menonton, hanya sebagai tontonan di kala sedang makan. Ya, kebiasaanku adalah menonton ketika makan. Beberapa adegan di dorama ini bikin aku bernostalgila ke masa remaja seperti pertemanan, kerja kelompok bareng, piknik bareng teman, festival sekolah dan tentunya naksir seseorang sampai jatuh cinta (yang sayangnya aku nggak punya memori indah percintaan ala-ala dorama). Masa remaja (kebanyakan) memang indah dan Koe Koi ingin membenarkan hal tersebut. I'm sure teenagers will like this dorama.



Seperti yang telah aku sebutkan sebelumnya bahwa salah satu karakter dorama ini unik karena sepanjang dorama diputar, karakter Matsubara akan selalu mengenakan kantong kertas penutup kepala. Jika kalian penasaran seperti apa sesungguhnya wajah Matsubara atau siapa aktor dibalik paper bag tersebut, silahkan penasaran terus (seperti diriku). Ya, udah ditonton aja biar tambah penasaran. #ehh. Karakter utama perempuan adalah Yoshioka yang diperankan oleh Nagano Mei. Well, sebagai informasi nggak penting, karakter Yoshioka mengingatkanku pada karakter Amachan (Dan wajah Nagano sekilas mirip juga dengan Nounen Rena). And you know what, aku paling nggak suka dengan karakter kayak gitu; bego-bego innocent sok polos sok lugu tapi mau. Aku berusaha untuk tidak membenci karakter tersebut tapi susah sekali rasanya. Oke, harus objektif! Yoshioka ini, nih typically karakter cewek di shoujo manga banget. Kalo baca manga, sih aku biasa aja, tapi begitu dijadikan tokoh dorama, kok malas ya liatnya? Tapi aku yakin kalian pasti suka karakter imut-imut kayak gini. Terus, ada karakter Hyodo Makoto (Ryusei Ryo) sebagai pihak ketiga dalam hubungan Yoshioka dan Matsubara. Biasalah, kisah cinta memang harus ada pihak pengganggu biar greget ceritanya (walau ujung-ujungnya udah tau kalo siapa jadian sama siapa). Pihak pengganggu lainnya adalah Midorikawa Reina (Karata Erika) dan Kaori yang naksir Matsubara. Dan seperti biasa juga, karakter utama pasti punya sahabat setia. Teman sejati Yoshioka adalah Nishizono Aki (Otomo Karen) sedangkan sahabat Matsubara adalah Kagaya Yuichi (Ochiai Motoki). Jujur, aku lebih suka cerita mereka berdua ketika bersama yang bahkan nggak nyampe semenit tiap episode. Selain itu ada juga Sejima Ryoichi (Sakurada Dori) dan Aoyama Yuki (Mizutani Kaho) sebagai partner setia Hyodo.


 

 

Mengusung 12 episode, cerita Koe Koi terasa belum tuntas ketika berakhir. Seperti masa lalu Matsubara belum jelas alasan dia menggunakan paper bag, rahasia apa yang sebenarnya disimpan oleh Matsubara, blablabla. Mungkin bakalan ada season duanya kali, ya? Panjang-panjang nulis, intinya, sih dorama ini mengajarkan kita untuk bisa menerima seseorang apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihannya, seperti Yoshioka yang bisa mencintai Matsubara dengan sepenuh hati walau tidak tahu rupa aslinya seperti apa. Well, akhirnya, nikmati masa remajamu, taksirlah seseorang atau beberapa orang dan jatuh cintalah biar kehidupanmu berwarna-warni ala pelangi dan kalau kalau patah hati, no problemo, anggap aja cinta monyet. Dan jangan lupa, sering-seringlah nonton dorama remaja biar nggak telat seperti aku. Oke sekian saran dari diriku yang masa remajanya nggak indah.



Rating: 3/5









Details

  • Title: こえ恋
  • Title (romaji): Koe Koi
  • Title (English): Voice Love (Literal Title)
  • Format: Renzoku
  • Genre: Romance, youth, school
  • Episodes: 12
  • Director: Katsutoshi Hirabayashi, Hiroaki Yuasa, Tadaaki Horai
  • Writer: Doruru (manga), Rieko Obayashi, Naoyuki Miura
  • Broadcast network: TV Tokyo
  • Broadcast period: 2016-Jul-08 to 2016-Sep-30
  • Air time: Friday 24:52
  • Opening theme: Hidari Mune by Sakura Shimeji
  • Ending theme: Natsukoi by Inoue Sonoko

Cast

  • Nagano Mei as Yoshioka Yuiko
  • Sakurai Takahiro as Matsubara-kun (voice)
  • Ryusei Ryo as Hyodo Makoto
  • Ochiai Motoki as Kagaya Yuichi
  • Otomo Karen as Nishizono Aki
  • Sakurada Dori as Sejima Ryoichi
  • Karata Erika as Midorikawa Rena
  • Mizutani Kaho as Aoyama Yuki
  • Shiraishi Shunya as Yoshioka Kyoshiro
  • Morio Yumi as Yoshioka Miwako
  • Nakagawa Tsubasa as Matsubara Hotaru



No comments:

Post a Comment