Tuesday, October 30, 2012

Dorama Glossary


Dorama Glossary





Buat yang suka nonton dorama, pasti sering menjumpai istilah-istilah khusus yang sering muncul dan dipakai dalam dorama.


Asadora
Asadora berasal dari kata "asa" (pagi) dan "dora" (dorama), jadi asadora adalah dorama pagi yang berarti ditayangkan pada pagi hari. Asadora merupakan sebuah trademark milik stasiun TV NHK. Asadora ditayangkan oleh NHK selama 15 menit tanpa iklan setiap hari senin sampai sabtu pukul 8:15. Jumlah episodenya berjumlah di atas 100 episode, beberapa tahun belakangan ini asadora memiliki jumlah episode sebanyak 150-an episode. Contoh asadora: Oshin, Churasan, dan Ohisama.

Chanbara/ chambara
Chanbara merupakan sub-genre dari Jidaigeki, di mana ceritanya difokuskan pada pertarungan dengan menggunakan pedang, baik kendo atau katana (samurai). Sub-genre ini populer ditahun 1940-1960.

CM
CM merupakan singkatan dari "commercial message", dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan iklan pariwara.

Dorama
Dorama berasal dari bahasa inggris yang artinya drama. Jadi nggak bingung lagi, kan dengan judul blog ini? :)

Ecchi 
Sebuah kata dalam bahasa Jepang yang mengacu pada drama Jepang yang berisi konten seksual yang kuat.

Geino/ geinou
Geino berarti hiburan/ entertainment.

Geinojin/ geinoujin
Geinojin berarti artist/ selebritis.

Geinokai/ geinoukai
Geinokai berarti industri hiburan Jepang.

Getsuku
Getsuku berasal dari kata "getsuyou" (senin) dan "kuji" (sembilan). Ini adalah waktu prime time di televisi Jepang. Pada waktu ini biasanya digunakan untuk menyiarkan trendy drama. Getsuku di Jepang adalah Senin malam mulai jam 9 hingga jam 10 malam. Getsuku sering juga disebut dengan Gekku dan biasanya me-refer ke dorama yang tayang di Fuji TV.

Ichi wa kanketsu keishiki
Dorama dengan format satu konflik satu episode atau satu episode selesai. Struktur dari dorama tipe ini adalah: pada episode 1 konflik utama mulai tampak, penyelesaian konflik utama akan terjadi di episode final. Sementara itu di episode 2 hingga akhir, terdapat beberapa konflik lain (side-conflict) yang penyelesaiannya hanya membutuhkan 1 atau 2 episode saja. Format seperti ini sering kita jumpai di serial-serial barat. Di Jepang, format seperti ini sering dipakai pada dorama-dorama bergenre detektif/kepolisian atau medical.

Jidaigeki
Jidaigeki merupakan salah satu genre dorama berdasarkan pada periode waktu. Jidaigeki mengambil setting waktu sebelum tahun 1900. Biasanya jidaigeki mengangkat cerita pada masa Edo atau Tokugawa (1600-1867).

Jimusho
Jimusho berarti agency. Hampir semua selebritis Jepang bernaung di bawah sebuah agency. Agency paling terkenal di Jepang adalah Jhonny Entertainment.

Jishuku
Jishuku berarti "pengendalian diri". Orang Jepang memegang teguh budaya malu, sehingga hal-hal negatif yang dilakukan oleh selebritis biasanya sulit untuk ditolerir. Tahapan pertama dari jishuku adalah meminta maaf secara terbuka kepada publik, kemudian langkah yang kedua menghilang sementara dalam industri hiburan. Salah satu contoh kasusnya adalah Erika Sawajiri yang harus menghilang sementara karena terlihat enggan menjawab pertanyaan di sebuah konferensi pers.

Junai
Junai merupakan genre dorama yang berarti cinta sejati, berasal dari kata junsui na ai. Dorama jenis ini bercerita mengenai kisah romansa dengan halangan dan rintangan yang menghadang disana-sini.

Keiji
Keiji berarti polisi/ detektif. Keiji merupakan salah satu tema yang populer dalam dorama Jepang.

Kitchen sink
Kitchen sink merupakan genre dorama yang mengambil setting kehidupan nyata sebagai alur ceritanya. Dorama tipe ini biasanya menggunakan budget yang minim jika dibandingkan dengan trendy dorama. Target utama dari dorama ini adalah ibu-ibu rumah tangga karena tayang pada siang hari. Contoh dorama bergenre kitchen sink yaitu, Wataru Seken wa oni Bakari, Mama no Idenshi dan Daisuki! Itsutsugo.

Kurai
Kurai merupakan genre dorama yang memiliki tema cerita yang kelam (dark) dan suram (gloomy).
Michiyuki Bentuk konvensional drama Jepang dimana pikiran dan perasaan seorang karakter ditimbulkan melalui tempat yang dia kunjungi dalam perjalanan, seringnya melalui simbol dan kiasan, dimana perjalanan tersebut menunjukkan transformasi spiritual. Contoh dari Michiyuku adalah Musashi.

Rakugo
Rakugo merupakan pertunjukan komedi di atas panggung, di mana sang aktor duduk di atas sebuah bantal dan mulai bercerita secara monolog.

Renai (ren-ai)
Renai merupakan genre dorama yang mengangkat tema romance.

Renzoku
Renzoku berarti serial bersambung. Memiliki jumlah episode lebih dari 2 episode. Kebanyakan dorama menggunakan format renzoku.

Seishun
Seishun secara bahasa berarti "blue spring", Seishun merupakan genre dorama yang bercerita mengenai romansa masa muda.

Shousetsu
Shousetsu berarti dorama yang diangkat dari sebuah novel.

SP (Special)
SP atau dorama SP (special) merupakan episode lepas dari serial dorama. Biasanya berisi satu kasus/konflik yang masih berhubungan dengan cerita serialnya dan selesai pada saat itu juga.

Taiga
Taiga adalah trademark milik stasiun TV NHK. Taiga dorama selalu mengambil setting waktu sebelum tahun 1900 (jidaigeki). Taiga dorama tayang selama satu tahun penuh setiap hari minggu jam 8 malam.

Tanpatsu
Tanpatsu secara bahasa berarti "one-shot". Dorama jenis ini hanya akan ditayangkan sekali di televisi. Di Indonesia kita menyebutkan dengan sebutan FTV. Tanpatsu sendiri dapat dibagi-bagi menjadi beberapa episode, biasanya tidak akan lebih dari 5 episode. Durasi waktunya sendiri juga bervariasi, ada yang hanya 45 menit, namun juga ada yang sampai 2 jam. Dorama SP juga termasuk dalam kategori tanpatsu.

Tokusatsu 
Tokusatsu berarti "spesial efek". Ini adalah genre TV show yang premisnya berdasarkan tema fantasi, seperti manusia yang bertransformasi (henshin) menjadi mutan, android, atau manusia yang diberi kekuatan super melebihi orang biasa. Tokusatsu juga merujuk pada genre lainnya dari pertunjukan yang menggunakan spesial efek seperti horor dan science fiction. Contoh Tokusatsu seperti Kamen Rider, Masked Rider.

Trendy drama
Dorama yang masuk dalam kategori trendy dorama adalah dorama yang mengambil tema cerita mengenai permasalahan-permasalahan yang biasa dihadapi oleh anak muda sehari-hari, seperti kisah cinta, masalah keluarga dan masalah sosial lainnya. Sasaran utama dari trendy drama adalah anak-anak muda. Biasanya penonton trendy drama lebih melihat ke pemerannya daripada ke ceritanya.

Yorudora
Lagi-lagi trademark milik stasiun tv NHK. dari namanya kita bisa tau bahwa ini adalah dorama malam. Dorama ini biasa tayang pada hari senin hingga kamis pukul 11 malam. Sama seperti asadora, yorudora hanya berdurasi 15 menit namun memiliki episode sebanyak 16-24 episode dengan wanita sebagai tokoh utamanya.Yorudora mulai mengudara pada tahun 2002 dan resmi diberhentikan pada tahun 2005. Salah satu judul yorudora adalah Donmai.

39
39 adalah bahasa gaul anak-anak muda di Jepang, 39 berarti sankyu atau thank you. Berasal dari kata 3 (san) dan 9 (kyu).



Jadi buat yang belum tau, jangan bingung lagi, ya... ;)

 




sumber: kaskus, d-addict



 

No comments:

Post a Comment