Friday, February 28, 2014

Saikou no Rikon Special (2014)



Saikou no Rikon Special (SP) (2014)








Akhirnya dorama yang paling ku tunggu-tunggu di season winter ini yaitu Saikou no Rikon SP, bisa ku nikmati juga. Saikou no Rikon menjadi dorama favoritku tahun lalu dan masuk list dorama favoritku sepanjang masa. Nah, di SP (Special)-nya ini, ceritanya ber-setting setahun kemudian, dimana Mitsuo (Eita) masih suka curhat dan mengeluh tentang mantan istrinya, Yuka (Ono Machiko) ketika check up gigi. Kendati telah bercerai, namun Yuka dan Mitsuo masih tinggal serumah. Bahkan rencananya mereka akan menikah kembali. Akhir tahun dilalui mereka dengan berkemah dan menghabiskan malam tahun baru di rumah orang tua Yuka. Namun, rumah tangga mereka masih kerap dihantui dengan pertengkaran, terutama tentang masalah anak. Yuka sangat ingin memiliki anak, sebaliknya Mitsuo bersikeras kebahagiaan rumah tangga tidak hanya terletak dari anak. Karena hal tersebutlah, mereka bertengkar hebat. Di saat bersamaan, seorang kenalan Yuka yang bernama Kurobe (Okada Yoshinori) yang telah memiliki dua orang anak, ingin mencari pengganti ibu bagi kedua anaknya dan Yuka adalah pilihannya.

Di lain sisi, pasangan Ryo dan Akari (Maki Yoko) telah memiliki seorang bayi perempuan. Di saat Ryo akan menjemput istri dan putrinya yang baru kembali dari rumah orang tua Akari, Ryo bertemu dengan seseorang dari masa lalunya, Shiomi (Usuda Asami). Ryo  menjadi bimbang antara memilih hidupnya yang sekarang bersama Akari dan putrinya atau kehidupan lain yang telah lama diidamkannya sejak lama bersama Shiomi.

Do you know the reason for divorce? It’s marriage. We divorced because we were married. It’s painful,” itulah penggalan curhatan atau lebih tepatnya keluhan Mitsuo ketika di klinik gigi langganannya. Curhatan Mitsuo itu pula-lah yang menjadi adegan pembuka untuk SP dorama yang memenangkan banyak penghargaan tahun lalu ini. Well.. aku bingung mau menulis apa, soalnya menurutku SP-nya ini sama menariknya dengan renzoku-nya. Masalah akting sepertinya nggak usah dibahas lagi, semua cast-nya bermain dengan sangat baik seperti biasanya. Ditambah dengan beberapa bintang tamu seperti Usuda Asami sebagai Shiomi dan Okada Yoshinori sebagai Kurobe - yang dipanggil dengan sebutan young Hayazaki Hayao oleh Mitsuo - yang menjadi penyegar dalam SP yang berdurasi 2 jam ini. 

Dan seperti renzoku-nya, konflik-konflik yang dihadapi kedua pasangan utama di dorama ini juga kian pelik. Masalah anak memang pernah dibahas di renzokunya sebagai masalah krusial pasangan Mitsuo-Yuka. Dan di sini, baik Mitsuo maupun Yuka kembali sama-sama menuangkan isi hati mereka perihal masalah krusial tersebut. Baik Yuka maupun Mitsuo memiliki alasan tersendiri dan kita sebagai penonton memang nggak bisa menyalahkan siapa pun. Tapi sebagai wanita, aku pastilah setuju dengan alasan Yuka yang ingin memiliki anak. Seperti kata-kata Yuka, ”I'm not good at cooking, but when kids are hungry, they don't mind eating anything”. Ahh... jadi pengen cepat-cepat married dan punya anak.

Begitu juga dengan masalah yang dialami oleh pasangan Ryo-Akari yang tak kalah complicated-nya. Ketika Akari merasa kehidupannya kembali bahagia, justru disaat itulah muncul wanita dari masa lalu suaminya. Dan yang menyebalkan adalah sikap Ryo yang sama sekali nggak bisa mengambil keputusan yang bijak. Perkataan Akari yang mengatakan bahwa ”There's no way the woman he can have can win over the woman he can't have" itu terasa nyesak banget, deh!

Sakamoto Yuji pun kembali membuktikan kepiawaiannya menulis script yang bagus dimana dialog-dialog yang disajikan di SP ini memang menjadi letak kekuatan dari dorama Saikou no Rikon. Selain itu, banyak juga scene-scene yang menarik seperti scene dimana Yuka-Akari vs Mitsuo-Ryo berkaraoke mengungkapkan isi hati mereka masing-masing atau scene di dalam kereta api.

Maa.. aku cukup puas dengan SP-nya ini, walaupun endingnya bisa dibilang masih gantung dan sedikit menyedihkan sebenarnya untuk satu pasangan di dorama ini. Tapi yah.. begitulah hidup, kita hanya akan merasakan sedih dan kehilangan ketika orang yang kita sayangi udah nggak bersama dan ada di dekat kita lagi. Ending yang masih gantung ini, jadi bikin penasaran, apa mungkin bakal ada SP kedua? Atau malah season 2? We’ll see!!









***
Details

  • Title: Saikou no Rikon Special (SP)
  • Format: Tanpatsu
  • Genre: Romantic Comedy
  • Episodes: 1
  • Viewership rating: -
  • Broadcast period: 2014-Feb-8
  • Air time: Saturday 21.00
  • Theme song: Yin Yang by Kuwata Keisuke

Cast


***Source: DramaWiki & AsianWiki










No comments:

Post a Comment