Saturday, November 23, 2013

JOKER Yurusarezaru Sosakan (2010)


JOKER Yurusarezaru Sosakan (2010)










Detektif Date Kazuyoshi (Sakai Masato) dikenal dengan sebutan "Buddha" karena sifatnya yang lembut, baik hati dan tidak pernah marah di Prefektur Kepolisian Kanagawa. Date dipasangkan dengan Miyagi Asuka (Anne) yang baru bergabung di kepolisian. Karena suatu hal, Date mendadak dekat dengan Kudo Kenji (Nishikido Ryo) dari bagian forensik. Namun, tak ada yang menyangka dibalik sifat gentle Date tersebut, dia berubah menjadi Punisher kejam yang tak kenal ampun menghukum penjahat yang bebas dari hukum. Wow!

Seems interesting, right? Yap, ketika menonton episode perdananya, aku langsung ketagihan pengen nonton episode-episode selanjutnya. Apalagi ada Ryo-kun yang (sumpah!) kakkoi abis dengan rambut semi ikalnya di sini #nosebleed. Selain itu aku baru aja selesai namatin nonton Hanzawa Naoki dan nyari-nyari doramanya Sakai Masato lainnya, akhirnya tertarik sama yang ini. Sayangnya, kelar beberapa episode, kok ceritanya malah ngebosenin dengan formula yang sama terulang berkali-kali. Yang bikin aku bertahan selain karena ada Ryo juga karena masih penasaran dengan si pelaku sebenarnya dari sebuah kasus pembunuhan beberapa tahun yang lalu. Sebenarnya, sih puzzle clue udah hampir tersusun tapi malah aku acuhkan (again!). Alhasil begitu selesai sampe episode 10, kok, aku ngerasa flat banget nontonnya. Dorama ini jadi terkesan overrated banget, deh dengan ratingnya yang cukup tinggi. Plotnya, sih menarik tapi seperti kurang digarap dengan serius, terutama setelah episode tiga hingga sepuluh. Bahkan SP-nya pun menurutku nggak perlulah dibuat. Toh, masih banyak tanda tanya yang belum terjawab. moskashite, bakalan ada season 2? Oh, no!! Yang bikin agak malas nontonnya lagi adalah aktingnya Sakai Masato yang ekspresinya sama aja mau marah atau senyum. Belum lagi ekspresi bibirnya itu yang selalu sama dan selalu muncul di tiap dorama atau film yang diperankannya #sigh. Kalo mau menghukum para kriminal, pasti bilang gini dulu, "There is no tomorrow for you!" trus DORR!!, ditembak, deh penjahatnya! Pas ngomong kayak gitu, ekspresi Sakai kayak mau ketawa gitu, jadi kesannya bukannya seram malah lucu. Padahal dia dapat Best Actor berkat dorama ini. Ahh.. seandainya aja ekspresi bibirnya itu nggak ada, pasti, deh bagus banget.

Sedangkan Ryo, yah.. aktingnya biasa aja. Malahan kayaknya karakter Kudo itu adalah pribadi Ryo yang sebenarnya. Tapi aku suka karakter Kudo tersebut. Nggak terlalu baik atau jahat kayak karakter-karakter yang didapat Ryo selama ini. Agak naughty gimana gitu. Apalagi kalo dia udah merayu Miyagi, bikin ngakak dengarnya. Cuma, ya Kudo ini bajunya ber-flower ria terus alias baju pantai yang motif bunga-bunga gitu. Kalo bukan Ryo yang make, sih pasti aku udah ilfil abis liatnya. Karena Ryo, ya dimaafkanlah #ngakak. Jadi keliatan ciri khas dorama summer-nya dari baju yang dipake Kudo, doank. Sumpah, deh foto Ryo yang di poster make jas, sama sekali nggak ada di scene mana pun di dorama ini kecuali pas ending theme songnya doank #tepukjidat. Pelajaran, nih supaya nggak usah terlalu percaya sama yang ada di poster suatu film atau dorama. Tapi Ryo emang kakkoi abis deh di sini #mimisan. Apalagi waktu pake baju seragam forensiknya lengkap dengan topi yang dipake kebalik. Ada beberapa scene dimana dia pake singlet doank, dan itu cukup mampu bikin doki-doki liatnya, #meleleh. Aku lebay banget, deh! #sigh. Aku suka hubungan Kudo dan Miyagi. Terutama kalo Kudo udah minta kissu dari Miyagi, pasti bikin nyengir kuda liatnya. Harusnya Ryo minta kissu samaku aja #dilemparmeja. Ada satu scene yang memorable banget antara mereka berdua, waktu Kudo lagi down, Miyagi datang dan cuma duduk diam di sampingnya. Kudo awalnya nggak bereaksi tapi akhirnya nanya ada apa. Jawaban Miyagi gini, ”When I'm feeling down, it helps me to have someone be there with me. They don't need to say anything, but just be there nearby” Fuuhh... dalemm maknanya!! Kata-katanya bisa dicontek, tuh, hahaha...

Anne yang jadi Miyagi ternyata anaknya aktor terkenal Jepang, loh, Ken Watanabe. Anne sengaja nggak mau pake nama belakang bapaknya tersebut. Cewek tinggi ini aktingnya boleh juga. Karakter Miyagi sendiri naif dan terlihat masih belum matang karena memang dia masih detektif bau kencur. Jiwa keadilannya tinggi sampe-sampe kadang membangkang perintah atasannya, tapi aksinya masih penuh dengan emosi yang kadang tak terkontrol. Biasa, cewek kalo udah panasan emang suka nggak bisa ngontol emosi. Nah, Miyagi ini juga sedang menyelidiki kasus kematian kakak laki-lakinya yang juga seorang detektif yang terbunuh secara misterius beberapa tahun lalu.

Nah, si pembunuh kakak Miyagi inilah yang bikin aku penasaran terus walau pun akhirnya tebakanku benar juga pas mau di episode-episode terakhir kalo si Mr X itu adalah pembunuhnya. Tapi... gara-gara ceritanya dibuat mutar-mutar, puzzle susunanku jadi berantakan dan akhirnya aku malah punya dua tersangka, hohoho.. Nah, cerita yang mutar nggak karuan ini yang bikin kesal. Padahal kalo dituntaskan saat itu juga, malah lebih bagus menurutku. Seperti kayak ada adegan [SPOILER ALERT!!] dimana teman Date ditusuk oleh pembunuhnya, kenapa nggak langsung ngasi tau siapa pembunuhnya ke Date, sih? Malah bilang supaya Date nggak usah tau aja siapa pembunuhnya! Abis itu dia malah ngomong sesuatu yang sebenarnya nggak penting sama Date cukup lama sebelum meninggal. Date juga bego, bukannya cepat-cepat nelpon ambulance! Biar pun teman Date itu bilang nggak usah nelpon ambulance (emang niat mau mati, sih kayaknya!), tapi kalo logika, sih harusnya tetap nelpon kalo emang niatnya mau membantu. Huh.. nggak masuk logika, nih! #sigh. Mari lupakan ketidaklogikaan cerita di dorama ini! Toh, namanya juga cerita fiktif, ya maklumin ajalah! Selain ketiga pemain utama yang udah ku ceritakan diatas, ada juga Hirayama Hiroyuki yang jadi Kurusu Junnosuke(rekan Date yang sering sebel liat sifat Date); Kaga Takeshi sebagai Izutsu Masaaki (boss Date); Ryo sebagai Katagiri Saeko (mantan detektif+mantan pacar Date); Osugi Ren sebagai Mikami Kuniharu (pemilik bar tempat Date nongkrong) dan para bintang tamu seperti Kubota Masataka, Ono Machiko, Oshinari Shugo dan lainnya.

Yeah.. buat nambah referensi dorama crime detective, bolehlah nonton JOKER Yurusarezaru Sosakan ini. Akhirnya, dorama ini menimbulkan pertanyaan kepada kita sendiri, seperti apa keadilan dan kejahatan itu sesungguhnya?









 ***

Details

  • Title: ジョーカー 許されざる捜査官
  • Title (romaji): Joker Yurusarezaru Sosakan
  • Format: Renzoku
  • Genre: Crime
  • Episodes: 10 + SP
  • Viewership rating: 14.2 (Kanto)
  • Broadcast network: Fuji TV
  • Broadcast period: 2010-Jul-13 to 2010-Sep-14
  • Air time: Tuesday 21:00
  • Theme song: SCAR by RIP SLYME

Cast

Kanagawa Prefecture Police Department Investigations Unit
Kanagawa Prefecture Police Department Identifications Unit
Others
Guests

Episode Titles 
  • Ep. 01: Crime 1 The two-faced detective... The brutal perpetrator brought to justice by a dark force
  • Ep. 02: The hidden trap behind the insurance money murder
  • Ep. 03: The faked stalker murder 
  • Ep. 04: The mystery hidden behind the random killing
  • Ep. 05: Money monger...the ruthlessness of the female lawyer
  • Ep. 06: Child abuse...the life that can't be saved...
  • Ep. 07: A copycat appears...The wrongful pursuit of justice
  • Ep. 08: The shocking death...Date's greatest crisis
  • Ep. 09: Statute of limitations...Nowhere to hide from the truth
  • Ep. 10: Unexplained disappearances...The mysterious mastermind is revealed? The shocking end

Recognition

 ***Source: DramaWiki & AsianWiki















No comments:

Post a Comment