Sunday, September 15, 2013

MR. BRAIN (2009)


MR. BRAIN (2009)










Dorama ini sebenarnya udah lama pengen ditamatin nontonnya tapi berhubung waktu itu baru punya episode pertama dan kedua doank dan sibuk nonton dorama-dorama lainnya, alhasil terbengkalailah melanjutkan tontonan MR. BRAIN ini. Mr. Brain bercerita tentang Tsukumo Ryusuke (Kimura Takuya), seorang host club yang pada suatu malam mengalami kecelakaan yang berpengaruh pada otaknya. Kecelakaan itu membuat Tsukumo jadi memiliki kecerdasan yang bisa dibilang di atas rata-rata. Perubahan lainnya adalah dia jadi tidak tertarik pada wanita. Setelah kejadian tersebut Tsukumo memutuskan untuk mengambil studi di bidang otak dan lulus dengan gemilang setelah lima tahun. Setelah itu dia diterima untuk bekerja di IPS (Institute of Police Science). Di IPS, Tsukumo dibantu oleh Yuri Kazune (Ayase Haruka) yang naif sebagai asistennya. Yuri pun sering menjadi bahan analisa dan percobaan Tsukumo.

Secara nggak sengaja, Tsukumo bertemu dengan detektif Tanbara Tomomi (Kagawa Teruyuki) dan asistennya Hayashida Toranosuke (Mizushima Hiro) ketika dianggap terlibat kasus teror bom. Selama interogasi, dia menjawab dengan menggunakan analisa yang intelektual dan penalaran logis serta mengarahkan kesimpulan yang mengarah ke tersangka sebenarnya. Hayashida langsung terkesan dengan kecerdasan Tsukumo. Sebaliknya, Tanbara malah kesal liat tingkah eksentrik Tsukumo walaupun dia mengakui kehebatan analisa Tsukumo. Akhirnya, Hayashida sering meminta bantuan Tsukumo untuk memecahkan setiap kasus kejahatan yang terjadi. Dengan kemampuan analisa Tsukumo yang hebat dibantu oleh IPS dan polisi, mampukah kasus-kasus kriminal terpecahkan?

Bisa dibilang aku sukanya telat sama Kimutaku. Emang, sih udah kenal sejak lama sama aktor tersebut tapi berhubung dulu banget nontonnya pas aku masih 'culun' dalam hal perdoramaan, jadinya aku nggak begitu ngeh. Baru pas kemarin itu nonton Priceless, ternyata aktingnya memang natural, sih! Tapi.. dari dua doramanya yang baru ku tonton, kok kayaknya karakter yang diperankannya rada mirip, ya? Keliatan agak-agak bego dengan gaya eksentrik tapi sebenarnya cerdas. Karakter Tsukumo yang eksentrik ini seringnya malah membuat orang-orang di sekitarnya jadi jengkel dan salah paham. Terutama kalo waktunya nggak tepat untuk menyampaikan analisanya, yang ada malah membuat sesuatunya jadi complicated. Selain itu, dia juga demen banget makan pisang. Pisang ternyata baik, loh buat otak.

Akhirnya ku akui kalo Ayase Haruka memang bisa akting sejak dia bermain bagus di JIN. Setelah itu aku jadi suka, padahal sebelumnya rada nggak suka, terutama pas main di Sekai no Chuushin de, Ai wo Sakebu. Karakternya sebagai Yuri bikin sedikit kasian juga, soalnya selalu jadi bahan percobaan Tsukumo saking naifnya. Selain itu ada Mizushima Hiro yang terlihat kurang kakkoi di sini. Efek rambut kayaknya. Karakternya sebagai Hayashida rada mirip Yuri, kalo nggak mau dibilang agak bego dikit. Hayashida ini selalu menyuap Tsukumo dengan membawa sesisir pisang supaya membantu kasus yang ditanganinya. Alhasil dia sering kena marah atasannya, Tanbara yang emang (awalnya) anti banget sama Tsukumo. Nah, Tanbara sendiri diperankan oleh Kagawa Teruyuki yang biasanya selalu jadi villain alias orang jahat. Kayaknya baru kali ini liat dia jadi orang baik, deh di doramanya yang pernah ku tonton. Tanbara yang sering marahin Hayashida kalo udah minta tolong ke Tsukumo, akhirnya malah ikut-ikutan minta tolong juga walaupun gengsinya minta ampun. Kalo soal akting emang udah nggak usah diragukan lagi. He's one of my favorite actor. Kalo Tsukumo, Hayashida dan Tanbara udah bersama, pasti selalu aja terjadi hal-hal yang lucu dan kocak. Selain itu, para bintang tamunya juga keren-keren, loh!. Ada Gackt, Aibu Saki, Koyuki, Kamenashi Kazuya, Sato Takeru, Nakama Yukie dan lainnya.

Yang menarik dari dorama ini adalah cara penanganan setiap kasus dari segi psikologi yang berhubungan langsung dengan bagian-bagian otak. Jadi kita pun bisa belajar tentang apa yang ada di otak, sehingga bisa membaca sifat seseorang. Cara-cara penyampaian analisa juga dijabarkan secara alamiah dan didukung oleh peralatan yang canggih. Bahkan beberapa teori sering dijelaskan melalui anime. Tak ketinggalan adanya jawaban pertanyaan mendasar tentang sifat manusia dan menjungkirbalikkan beberapa mitos umum di masyarakat yang berhubungan dengan sifat manusia. 

Coba aja baca prolog dari doramanya sendiri berikut ini.
Otak manusia memiliki berat sekitar 1400 gram. Dalam 1400 ml tersebar 5 milyar sel syaraf. Dalam setiap detik dapat mengirimkan gelombang elektromagnetik 2 trilyun kali. Namun, kebanyakan orang hanya menggunakan 5% dari kemampuan otaknya. 

Kalo seorang yang jenius aja kayak Albert Einstein contohnya cuma make 5% otaknya, trus kita yang biasa-biasa aja, berapa persen donk bagian otak kita yang terpakai? Silahkan jawab sendiri. Yang pasti nonton dorama ini bikin otak kita bekerja lebih keras untuk mikir. Sekalian belajar dan pastinya bisa menyangkal mitos-mitos yang selama ini kita dengar di sekitar kita.







*

Details

  • Title: MR. BRAIN
  • Format: Renzoku
  • Genre: Comedy, mystery
  • Episodes: 8
  • Viewership rating: 20.0 (Kanto)
  • Broadcast network: TBS
  • Broadcast period: 2009-May-23 to 2009-Jul-11
  • Air time: Saturday 20:00
  • Theme song: JUMP by Van Halen  
Cast

Guests


Episode Titles
  • Ep. 01: An Unprecedented Neuroscientific Mystery Activates!! Eccentric Neuroscientist vs. Serial Demonic Terrorist!! Teleportation by Brain Usage!? 
  • Ep. 02: Eccentric Neuroscientist vs. Beautiful Revived Ghost!! People Can Be Resurrected via Brain Training!? 
  • Ep. 03: Invisible Man Setting Up Serial Murders!! Brain Training Exposes The Transparent Riddle 
  • Ep. 04: Eccentric Neuroscientist vs. Prodigal Pianist!! A Skeletal Corpse Can Be Resurrected via Playing Cards!? 
  • Ep. 05: Eccentric Neuroscientist vs. Beautiful Woman With A Split Personality!! The Conclusion is an Epiphany!? 
  • Ep. 06: Eccentric Neuroscientist vs. The Tragic Multiple Personality Trick!! Brain Training is a Lie Detector!? 
  • Ep. 07: Last Chapter ~ Eccentric Neuroscientist vs. Strongest Left-Brained Man!! A Time Bomb Within the Brain 
  • Ep. 08: Conclusion ~ Farewell To Our Favorite Eccentric Neuroscientist!! The Final Brain Training is the Method of a Smile 

 *Source: DramaWiki & AsianWiki












No comments:

Post a Comment