Saturday, September 14, 2013

Beach Boys (1997)


Beach Boys (1997)











Kali ini review dorama jadul. Dorama keluaran tahun 1997 ini sempat ditayangin di salah satu tivi nasional tapi waktu itu aku nggak begitu suka nonton dorama dan waktunya juga nggak sempat karena masih sekolah. Ingat sama dorama ini juga gara-gara Summer Nude yang lokasinya sama-sama di pantai. Di dorama ini bisa liat Sorimachi "Onizuka" Takashi dan Takenouchi Yutaka (dare?!) waktu masih muda. Ternyata mereka berdua emang kakkoi.
Hiromi (Sorimachi Takashi) yang didepak oleh kekasihnya, memutuskan untuk tinggal di dekat pantai untuk menikmati musim panas. Di lain sisi, Kaito (Takenouchi Yutaka) yang seorang profesional muda di sebuah perusahaan besar di Tokyo, mengalami masalah berat di perusahaannya dan memutuskan untuk mengambil liburan. Dalam perjalanan naik kereta api, tanpa sengaja matanya menatap seseorang yang sedang asik mengemudikan sebuah mobil dan melampaui kecepatan kereta api yang dinaikinya. Ternyata takdir mempertemukan mereka berdua.

Hiromi akhirnya melamar kerja di penginapan B&B milik Masaru yang tinggal bersama cucu perempuannya yang tomboy, Makoto (Hirosue Ryoko). Kaito yang awalnya menginap di penginapan itu sebagai tamu, akhirnya ikut melamar kerja di situ karena kehilangan dompetnya. Dua cowok keren yang karakternya sangat bertolak belakang ini pun akhirnya tidur satu kamar. Awalnya Kaito memang terganggu dan nggak terbiasa dengan gaya hidup santai Hiromi, tapi lama-kelamaan dia malah terbawa arus gaya santai Hiromi tersebut, tapi tetap masuk akal dan penuh perhitungan juga.

Warga di kota tersebut sangat akrab. Tak jauh dari penginapan B&B, ada cafe milik Haruko (Inamori Izumi) yang sering jadi tempat curhat Makoto. Setiap hari Haruko selalu menanyakan pada tukang pos, apakah ada surat untuk dirinya. (Aku masih ngalamin masa-masa nunggu surat balasan datang kayak gitu). Selain itu ada juga tukang pos dan sopir taksi yang sering bantuin jaga cafe Haruko dan main ke B&B.

Di kota yang dikelilingi pantai tersebut, petualangan dua anak muda yang berbeda karakter itu pun dimulai. Hiromi yang sok akrab membuat Kaito agak gerah melihat sikap devil-may-care Hiromi tersebut pada awalnya. Perlahan, Kaito mulai terbiasa dan merasa betah tinggal di pantai tersebut. Dia bahkan belajar banyak hal, seperti memotong kayu. Tapi dia juga nggak tau apakah dia harus menyerah mengejar kesuksesan di kota, lalu mencoba rileks dan menikmati diri sendiri di tempat barunya itu. Begitu juga Hiromi yang seperti tidak peduli akan nasib hidupnya yang luntang-lantung. Lalu apakah mereka berdua bisa mendapatkan yang mereka inginkan di tempat tersebut?

Seperti halnya dorama lainnya, Beach Boys juga nggak menawarkan sesuatu yang berlebihan dan "wah" atau muluk-muluk. Apa yang digambarkan di sini memang seperti itulah kenyataan yang ada. Tema kesehariannya memang merupakan realitas yang pasti pernah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ehmm... gaya bahasanya udah kayak ahli sastra aja. Penampilan para aktor dan aktrisnya sangat sangat natural seolah-olah mereka lagi nggak akting. Kayaknya gara-gara perannya di sini, makanya Takashi ditawarin peran main di GTO. Karakternya sebagai Hiromi bisa dibilang mirip dengan karakter Onizuka. Sumpah, karakter Hiromi itu annoying banget tapi kalo nggak ada dia, malah suasana nggak hidup. Jadi ingat sama temanku yang sifatnya mirip dengan Hiromi itu. Nah, Takenouchi Yutaka terlihat kakkoi banget di sini. Tampangnya, sih nggak asing lagi buatku tapi aku nggak tau namanya ternyata Takenouchi Yutaka #plakk. Baru aja liat Takenouchi Yutaka di BOSS, udah tua tapi makin hot dengan kumis tipisnya. Perannya beda 180 derajat. Di BOSS dia konyol abis dan sok playboy cap teri. Di sini dia jadi lelaki baik. Aktingnya sebagai Kaito memang pas diperankan oleh Yutaka. Perpaduan Takashi dan Yutaka memang klop dan mantap. Bisa dibilang mereka berdua jadi icon aktor muda yang keren dan bisa berakting di masanya.

Pas nonton dorama ini, pas kebetulan juga ngikutin Starman - Kono Hoshi no Koi dan liat Hirosue Ryoko udah jadi emak-emak, sedangkan di sini masih imut-imut. Aktingnya bahkan memang udah bagus sedari dulu dan terlihat natural. Ryoko bisa mengimbangi akting dari Yutaka dan Takashi. Sedangkan Inamori Izumi yang aku kenal pertama kali lewat perannya di Iryu, ternyata merupakan salah satu aktris yang ngetop di tahun 90-an akhir hingga awal 2000-an. Kalo akting, sih nggak usah diragukan. Para pemain Beach Boys memang bisa berakting dengan natural dan kompak layaknya keluarga.

Dalam dorama ini, kita seperti diajak untuk memilih dua pilihan sulit. Ambisi, hasrat, gaya hidup, rutinitas yang membosankan, sibuk dengan diri sendiri adalah ciri khas orang yang tinggal tinggal di kota besar atau ketenangan jiwa dipadu dengan kehangatan dan panorama indah di pantai dan kebebasan dari rutinitas yang didapat hidup di pantai. Akting yang baik , alur cerita yang baik dan musik yang keren, membuat Beach Boys menjadi salah satu dorama pilihan yang wajib untuk disaksikan.








 ***

Details

  • Title: ビーチボーイズ
  • Title (English): Beach Boys
  • Format: Renzoku
  • Genre: Comedy
  • Episodes: 12 + 1 SP
  • Viewership ratings: 26.5%
  • Broadcast network: Fuji TV
  • Broadcast period: 1997-Jul-07 to 1997-Sep-22
  • Air time: Monday 21:00
  • Theme song: Forever by Sorimachi Takashi & Richie Sambora
 Cast
 Awards
 ***Source: DramaWiki














No comments:

Post a Comment