Saturday, August 16, 2014

Mozu Season 1 (2014)


Mozu Season 1 (2014)





Sebelum nonton, sempat hype karena dorama ini bertabur bintang, terutama para pemain dari Double Face. Ya, memang ini project bareng TBS x WOWOW yang kedua kalinya setelah Double Face. Tapi, beberapa komentar malah bilang bahwa dorama ini agak mengecewakan. Bahkan sampe ada review yang sangat menyesalkan banyaknya adegan merokok dalam dorama ini. Aku jadi agak ragu untuk menontonnya, tapi akhirnya ku coba aja dulu satu episode, kalo asik ya dilanjut, kalo nggak ya di drop aja. Memang begitulah kebiasaanku tiap mencoba dorama di tiap season. Yah.. ternyata episode perdana lumayan juga dan karena aku orangnya suka penasaran, maka akhirnya ku putuskan mengikuti episode selanjutnya untuk mengetahui siapa dalang yang meneror lewat bom. Dan... ternyata memang benar, adegan merokok dalam dorama ini luar biasa banyak; dalam satu episode aja bisa sampe 5-6 kali adegan merokok. Jadi mikir, kasian juga si om Hide disuruh merokok terus. Bayangkan kalo adegannya banyak salah, udah berapa batang rokok, tuh yang dihisap?!. FYI, sponsor dorama ini memang rokok, jadi ya mau nggak mau kita harus dipaksa menyaksikan adegan merokok sepanjang dorama ini. 

Mozu sendiri bercerita tentang kasus bom yang terjadi di Shinjuku. Kuraki Naotake (Nishijima Hidetoshi) yang menjadi top ace dari bagian Public Safety Department kehilangan istrinya dalam insiden bom tersebut. Bersama Osugi Ryota (Kagawa Teruyuki) dari MPD dan Akeboshi Miki (Maki Yoko), investigator dari Public Safety Department, mereka bertiga menyelidiki kasus tersebut.

Kalau dibilang mengecewakan, sih sebenarnya nggak juga. Tapi nggak bagus-bagus banget juga. Cuman, untuk level dorama action, crime, dan suspense, Mozu udah cukup bagus. Apalagi actionnya di bagian adegan kejar-kejaran di bandara itu keren. Jarang-jarang liat begituan di dalam sebuah dorama. Apalagi mata kita dimanjakan oleh resolusi gambar yang bagus dan spesial effect yang canggih (buatan anak negeri, loh!). Plus lainnya bisa lihat banyak aktor terkenal main bareng di sini. Ceritanya sendiri udah bagus awalnya, hanya di pertengahan, ceritanya semakin bertele-tele dan terkesan dipanjang-panjangin. Padahal kalo dipadatkan ceritanya, cukup 8 episode aja selesai, yakin pasti hasilnya lebih bagus. Endingnya pun anti klimaks, masih menyisakan tanda tanya besar tentang organisasi rahasia dan para anggotanya, tentang Shingai, tentang Higashi Kazuo (Hasegawa Hiroki), tentang ayah Miki, yang sepertinya mungkin akan terjawab di season 2 nanti.

Nishijima Hidetoshi lagi-lagi dapat peran jadi pria cool. Bosan, sih sebenarnya liatnya tapi kayaknya, sih emang dia lebih cocok dengan peran seperti itu. Tapi karakter Kuraki yang diperankannya itu bukan tipe karakter detektif baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung *eh. Yah, bisa dibilang karakternya berada pada batas area 'abu-abu', dimana penonton sendiri yang disuruh menentukan seperti apa sebenarnya Kuraki itu. Maki Yoko juga lagi-lagi dapat peran jadi wonder woman lagi. Dingin, semakin dingin. Yeah.. at least Kagawa Teruyuki nggak jadi bandit lagi kayak sebelum-sebelumnya. Tapi tetap aja karakternya, tuh cukup annoying juga! Mana cerewet lagi kayak emak-emak mulutnya. Sedangkan Namase Katsuhisa, biar kata karakternya disini jadi boss yang bersahaja dan tegas tapi kok aku masih aja tetap lucu liatnya. Mungkin karena imagenya selama ini yang selalu berperan sebagai karakter yang kocak, makanya jadi rada sulit menghilangkan image tersebut dari pikiranku. Yang sedikit mencuri perhatian adalah Ikematsu Sosuke yang berperan sebagai Shingai Kazuhiko. All in banget pokoknya jadi seorang Shingai. Dan suka liat dia cross-dressing, malah cakep. Karakter Shingai yang sebagai villain di sini, dewa abis pokoknya! Anti mati! Udah di siksa, ketusuk benda tajam di dada, di setrum, masih belum tewas juga. Punya 1000 nyawa, nih karakter!.

Buat yang belum nonton, sih disarankan jangan berekspektasi tinggi duluan sebelum nonton, takutnya entar kecewa! Tapi tetap, kok Mozu is still worth watching. Trus, kalau nggak ada kerjaan, boleh deh ngitungin berapa kali adegan merokok di tiap episode. Siapa tau entar kalau ada kuis tentang pertanyaan berapa kali Kuraki merokok di Mozu, jadi bisa jawab. :P
 






***

Details

  • Title: MOZU
  • Format: Renzoku
  • Genre: Suspense, crime
  • Tagline: ~ 百舌の叫ぶ夜 ~
  • Tagline (romaji): ~ Mozu no Sakebu Yoru ~
  • Episodes: 10
  • Viewership rating: 10.8
  • Broadcast network: TBS
  • Broadcast period: 2014-Apr-10 to 2014-Jun-12
  • Air time: Thursday 21:00

Cast


***Source: Dramawiki







1 comment: