Saturday, April 27, 2013

Kono Sekai no Katasumi ni (2011)



Kono Sekai no Katasumi ni (2011)











Urano Suzu (Kitagawa Keiko), seorang gadis biasa yang suka menggambar, tiba-tiba dilamar oleh Hojo Shusaku (Koide Keisuke), seorang perwira angkatan laut yang pernah sekali bertemu dengannya ketika masih kecil. Suzu pun meninggalkan Hiroshima dan ikut keluarga suaminya di Kure. Suzu harus beradaptasi dengan lingkungan barunya tersebut. Suzu diterima baik di keluarga Hojo dan belajar menjadi istri serta menantu yang baik. Tetapi kakak iparnya, Keiko (Ryo) terlihat kurang menyukai kehadirannya.

Suatu hari, Suzu tersesat di suatu tempat dan pada saat itu seorang gadis bernama Shiroki Rin (Yuka) membantunya. Suzu pun akhirnya berteman baik dengan Rin yang ternyata memiliki rahasia masa lalu dengan Shusaku, suaminya. Terjadilah sedikit konflik antara Suzu dan Shusaku. Pada saat bersamaan, Mizuhara Tetsu (Hayami Mokomichi), teman sekolah dan cinta pertamanya muncul tiba-tiba di hadapannya. Konflik kedua pasangan ini pun semakin memanas, bersamaan dengan terjadinya serangan bom melalui udara di beberapa bagian daerah di Jepang.

Kono Sekai no Katasumi ni merupakan dorama bergenre tanpatsu yang mengisahkan sebuah keluarga yang berjuang melanjutkan hidup setelah peristiwa jatuhnya bom atom di Hiroshima, Agustus 1945 silam. Ceritanya sendiri mencakup rentang waktu 4 tahun antara 1943 sampai 1946. Sekilas jadi teringat cerita di anime Hotaru no Haka. Ceritanya sendiri diambil dari manga karangan Fumiyo Kouno dengan judul yang sama yang diterbitkan dari tahun 2007 sampai 2009 di Weekly Manga Action. Manganya sempat dianugerahi penghargaan "Prize of Excellence in Manga Division" dari Japan Media Arts Festival 2009 lalu, loh! Jadi pengen baca manganya, nih!

Dengan durasi yang cukup panjang, dua jam lebih, memang dorama ini agak sedikit membosankan. Aku aja sampe susah payah buat menontonnya nggak pake di skip atau di pause atau di pending sampe besoknya. Karena aku suka aja dengan setting jaman perang dunia kedua gini, akhirnya aku berhasil juga bertahan, hihihi.. Untunglah akting Kitagawa Keiko nggak jelek-jelek amat, walau pun juga nggak bagus. Apalagi wajahnya terlalu cantik untuk kategori gadis di tahun segitu (apaan coba?!).

Selain Keiko, ada juga Koide Keisuke yang jadi suaminya. Keisuke keliatan agak kakkoi di sini, hehehe.. Trus ada juga Hayami Mokomichi yang justru malah keliatan jelek. Tapi akting kedua aktor tersebut cukup bagus, kok! Yang ku suka adalah aktingnya Ryo yang jadi kakak ipar Suzu. Sedangkan Yuka yang jadi Rin aktingnya payah, ah! Oh, ya ada juga penampilan aktris cilik Ashida Mana, loh!

Biar pun setting ceritanya tentang masa perang dunia kedua, tapi perangnya sendiri cuma sedikit di tampilkan karena memang fokus utama ceritanya tentang Suzu dan orang-orang terdekatnya. Tapi ada juga adegan bom ditampilkan di sini walau pun fake-nya keliatan jelas banget. Adegan waktu Suzu lagi mencari suaminya di tengah-tengah reruntuhan mirip banget sama adegan di Hotaru no Haka, deh!

Ya, kalo sekedar untuk tontonan mengisi waktu luang dan suka sama dorama dengan setting masa perang, kayaknya dorama ini bisa jadi pilihan, deh! Tapi kalo nggak suka nonton dorama dengan durasi panjang, mending nggak usah, deh! 


 
 





***

Details

  • Title: この世界の片隅に
  • Title(romaji): Kono Sekai no Katasumi ni
  • Title(english): In a Corner of This World
  • Format: Tanpatsu
  • Genre: Drama
  • Viewership rating: 12.7%
  • Broadcast network: NTV
  • Broadcast period: 2011 August 5
  • Air Time: Friday 21:00 - 23:24

Cast

***Source: DramaWiki








No comments:

Post a Comment