Friday, August 2, 2013

Tsumi to Batsu: A Falsified Romance (2012)


Tsumi to Batsu: A Falsified Romance (2012)





Jujur, sejak Hitori Shizuka dan Double Face - Giso Keisatsu Hen, aku jadi suka dorama-dorama yang ditayangkan di WOWOW (nyebut merek, nih!) soalnya rata-rata emang bagus dan genrenya kesukaanku, crime atau mystery. Nah, yang ini sebenarnya iseng-iseng berhadiah aja sih awalnya, soalnya yang main kan, Kora-chan. Pas liat genrenya drama, hmm...sebenarnya agak berat, nih tapi (sok) yakin aja, deh doramanya keren dan episode singkatnya yang cuma enam itu semakin menguatkanku untuk mencoba dorama ini. 

Kora-chan berperan sebagai Tachi Miroku, seorang mahasiswa yang drop out dan memutuskan menjadi hikikomori (cari aja di internet artinya). Tachi pernah memenangkan lomba menulis dan ingin menjadi seorang penulis. Tachi sebenarnya mengalami tekanan karena kehilangan sosok ayah yang bunuh diri. Disamping itu, sang ibu dan kakaknya mempunyai harapan besar agar Tachi bisa menjadi seorang guru seperti ayahnya. Hal tersebutlah yang membuat Tachi menjadi pribadi yang tertutup dan akhirnya melakukan hikikomori. Suatu hari, tanpa sengaja dia bertemu Baba Hikaru (Hashimoto Ai), seorang gadis pintar dan kaya. Tak ada yang menyangka jika gadis cantik tersebut menjalani profesi (lebih tepat pekerjaan, deh!) sebagai mucikari dari para teen prostitutes (wow!!). Singkat cerita Tachi berniat membunuh Hikaru. Keinginan tersebut semakin kuat setelah dia melihat salah satu prostitute sekaligus teman dekat Hikaru, Risa Shimazu (Ono Asuka) selalu dibully. Berhasilkah Tachi?

Yeah, kalian tonton aja sendiri! Ini bukan drama sembarang drama. Bisa dibilang ini drama kelam. Yang nggak suka dan nggak kuat nonton dorama tipe begini, mending stop aja, soalnya sepanjang episode kelam terus. Dorama kelam gini seperti udah melekat buat Kora-chan. Dan lagi-lagi Kora dapat peran "sakit" gini. Emang udah bawaan tampang kali ya?! Aktingnya, nggak usah ditanya, spesialisnya emang dia, sih! Cuma diam aja, tampangnya udah kelam bin menyeramkan gini. Mungkinkah gara-gara dorama ini, dia dipercaya untuk memerankan karakter Takei Teruo di  Shotenin Michiru no Mi no Uebanashi?? Saa... (belakangan aku suka banget ngomong "saa..").

Buat yang pernah nonton Kokuhaku, pasti udah hapal benar sama tampang si cantik Hashimoto Ai. Kali ini dia berani ngambil peran sebagai germonya b*tch para remaja. Liat tampangnya di sini, pengen ngegampar aja rasanya #wow. Itu artinya aktingnya ada kemajuan. Unfortunately, kita nggak bisa lama-lama lihat aktingnya soalnya dia cuma main dua episode doank. Sedangkan yang jadi Risa aku nggak kenal (emangnya dia kenal samaku?? #ngawur) dan baru kali ini liat dia di dorama. Aktingnya so so lah.

Bisa dibilang dorama ini seperti dibagi dalam beberapa chapter. Mungkin karena diadaptasi dari novel. Jadi, begitu cerita tentang Tachi, Hikaru dan Risa berakhir, lalu masuk karakter lain dalam kehidupan Tachi seperti Ameya Echika dan suaminya, lelaki misterius bernama Kai Sudo dan jaksa Goi Kurodo. Ada juga karakter lainnya seperti teman kampus sekaligus teman sekampung Tachi,  Mikoshiba Haruka si money courier atau anak gadis pemilik kost dimana Tachi tinggal. Dan tak ketinggalan karakter ibu dan kakak Tachi.

Karakter Echika yang diperankan oleh Mizukawa Asami, bisa dikatakan sebagai karakter heroin dalam dorama ini. Sedikit banyak dirinya merubah Tachi menjadi seseorang yang lebih baik dan berguna. Karakternya sendiri disamping membuat simpati juga menimbulkan kebencian, lebih tepatnya kekesalan. Gomen nee kalo diceritain spoiler berat, jadi ditonton aja biar tau. Bicara soal Asami, sepanjang doramanya yang udah pernah ku tonton, belum pernah sekali pun dia jadi main cast. Hmm.. padahal aktingnya cukup bagus, kok! Yang paling ku suka waktu dia jadi Miki di Iryu. Tapi kayaknya tahun ini ada, deh dorama dimana dia jadi peran utama. Entar kapan-kapan nyoba nonton.

Penampilan yang keren ditunjukkan oleh Tanaka Tetsushi yang berperan sebagai Kai Sudo. Karakternya di sini super duper misterius dan bikin aku nggak abis pikir, ada gitu orang kayak dia. Udah brengsek, bajingan, biadab, keparat dan hal buruk lainnya ada pada dirinya. Kalo aku jadi Tachi, udah ku abisin aja, tuh orang! #esmosi. Tanaka udah sering main di banyak dorama dan yang masih segar dalam ingatan waktu berperan sebagai detektif Nagase Kiyofumi di Iryu Sosa. Lalu, Ibu Masato yang ku kenal lewat perannya sebagai ayahnya Mine di Nodame Cantabile, perannya di sini bisa dibilang cukup penting. Waktu adegan dia secara nggak langsung menuduh Tachi seorang pembunuh, itu keren banget, deh! (ups, spoiler nggak sih?)

Sedangkan karakter kakak Tachi yang dimainkan Ito Ayumi, aku suka, deh! Dia itu kakak yang baik sampe rela mengorbankan dirinya sendiri demi keluarga. Kasian banget liat nasibnya, punya adik yang bisa dibilang sedikit nggak tau diri gitu, walaupun, ya... Tachi juga punya alasan yang cukup masuk akal kenapa dia jadi begitu, tapi setidaknya.. ahhh.. kalo diterusin bisa spoiler abis, nih! Yang pasti semua karakter yang ada di sini, punya alasan masing-masing kenapa mereka bisa menjadi jahat atau baik. Nggak ada karakter yang benar-benar baik atau benar-benar jahat seperti dalam shitnetron di tivi-tivi nasional kita.

Jadi, intinya ini bukan tipe dorama yang bakal disukai oleh semua orang. Temanya berat, kelam dan suram. Tapi biar gitu, yang selalu ku suka dari dorama, tuh selalu ada pesan bagusnya. Kalo mau tau seperti apa pesannya, silahkan ditonton dorama ini.










***
Details
  • Title: 罪と罰: A Falsified Romance
  • Title (romaji): Tsumi to Batsu: A Falsified Romance
  • Format: Renzoku
  • Genre: Drama
  • Episodes: 6
  • Broadcast network: WOWOW
  • Broadcast period: 2012-Apr-29 to 2012-Jun-03
  • Air time: Sunday 22:00

Cast

Notes

  1. Based on the manga "Tsumi to Batsu: A Falsified Romance" by Naoyuki Ochiai (published by Futabasha), which contains themes based on the classic novel "Crime and Punishment" by Fyodor Dostoyevsky.
  2. Title "Tsumi to Batsu" means literally "Crime and Punishment".


*DramaWiki & AsianWiki














No comments:

Post a Comment