Saturday, July 20, 2013

Shikei Kijun (2011)



Shikei Kijun (2011)











Alasan utama nonton dorama ini karena ada Kassy. Trus pas liat yang nayangin WOWOW (nyebut merek) dan formatnya tanpatsu, jadi makin pengen nonton. Openingnya dibuka dengan kisah penculikan yang berimbas pada pembunuhan seorang anak cilik yang jasadnya dibuang di tempat pembuangan sampah. Kedua orang tua sang anak tersebut menuntut agar sang pembunuh diberi hukuman mati. Sang pembunuh yang dibela oleh pengacara yang terkenal anti hukuman mati, Otomo Kojiro, akhirnya hanya mendapat hukuman penjara. Sabae Shinzo, sang ayah dari anak kecil yang dibunuh tersebut nggak terima dan mengamuk di pengadilan. Otomo Kojiro pun akhirnya terkenal sebagai pengacara yang selalu menyelamatkan kliennya dari putusan hukuman mati. Kojiro berteman baik dengan Mito Yusuke, dosen fakultas hukum dan Nagase Mariko, jaksa penuntut umum.

Beberapa bulan kemudian, ketika Kojiro pulang ke rumahnya bersama Yusuke untuk merayakan ulang tahun Yusuke, suatu insiden terjadi. Istri Otomo yang sedang hamil, tewas terbunuh. Singkat cerita diketahui identitas pembunuhnya adalah Shinzo. Ketika proses pengadilan berlangsung, Kojiro menuntut agar Shinzo dihukum mati. Pernyataan sangat kontras dengan apa yang dilakukannya selama ini ketika membela para kliennya. Disinilah Kojiro akhirnya dapat merasakan apa yang dialami oleh para keluarga korban yang meminta hukuman mati untuk para pembunuh keluarga mereka. Karena hal tersebut, Kojiro mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pengacara dan mengajukan banding agar Shinzo dihukum mati.

Yusuke yang merasa prihatin dengan kejadian yang menimpa Kojiro, akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya dan beralih profesi sebagai pengacara dengan tujuan untuk menolong orang lain yang mengalami hal yang sama. Klien pertamanya ternyata adalah Shinzo. Selain itu Yusuke pun harus berhadapan juga dengan Mariko yang akhirnya menjadi pengacara Kojiro. Di samping itu, detektif Tsushima Kyusaku mencari bukti kebenaran dari kasus pembunuhan yang dilakukan Shinzo. Berhasilkah hukuman mati untuk Shinzo tersebut dilaksanakan ataukah malah dihapuskan? Yak, silahkan ditonton sendiri tanpatsu ini. 

Yeah, sayangnya ternyata Kassy cuma jadi figuran doank di sini! Nampilnya paling lama 5 menit doank #kecewa. Untunglah, tema ceritanya agak menarik (walaupun entah kenapa malah jadi teringat sama film Suteki na Kanashibari (doramanya belum nonton) yaitu tentang hukuman mati - apakah pantas/wajib diberikan kepada para pelaku yang sengaja membunuh korbannya. Kalo menilik dari sisi korban, pastilah kita merasa memang hukuman tersebut pantas diberikan. Tapi tentunya kita pun harus melihat dari sisi lain, dari banyak sisi. Mungkin aja si pelaku melakukan hal tersebut dipicu oleh rasa amarah dan dendam karena (mungkin) si korbanlah yang awalnya berbuat sesuatu yang kurang berkenan. Just my own opinion. Unfortunately, entah karena durasinya yang terlalu panjang atau karena cara penyajiannya yang kurang menarik, aku sempat merasa sangat sangat bosan dan sempat ketiduran pas di pertengahan cerita. Apalagi, kan Kassy nongolnya juga sesekali doank, jadi lengkaplah penderitaan kebosananku. Cerita mulai seru lagi pas di ruang sidang dimana Shinzo jadi tersangka kasus pembunuhan istri Kojiro. Itu pun sempat dilanda kebosanan juga pas investigasi yang dilakukan Yusuke dan atasannya. Lebih seruan investigasi yang dilakukan detektif Kyusaku. Makanya, karakter detektif gaek itu yang jadi favoritku di sini. Selain itu, karakter reporter wanita yang selalu aja nanya hal-hal yang mengejutkan pada Kojiro pas wawancara, juga jadi karakter favoritku. Kalo main castnya bukan Yamamoto Koji, udah sangat sangat membosankan banget kali, nih dorama. Yah, setidaknya bisa liat aktingnya - dan wajahnya juga yang pasti - Kassy di sini. 








*

Details

  • Title: 死刑基準
  • Title (romaji): Shikei Kijun
  • Format: Tanpatsu
  • Genre: Police drama
  • Broadcast network: WOWOW
  • Broadcast period: 2011-Sep-25
  • Air time: Sundat 22:00
 Cast











No comments:

Post a Comment