Sunday, July 14, 2013

Strawberry Night (2012)


Strawberry Night (2012)









Himekawa Reiko (Takeuchi Yuko) adalah Ketua Tim 10 Divisi Investigasi Kepolisian Tokyo. Reiko adalah satu-satunya wanita di divisi tersebut. Banyak yang tidak menyukainya dan menyepelekannya karena dia lebih sering bertindak berdasarkan insting. Tapi dia selalu mempertahankan pendapat yang dianggapnya benar meskipun sering terintimidasi. Kikuta Kazuo (Nishijima Hidetoshi), Hayama Noriyuki (Koide Keisuke), Ishikura Tamotsu (Ukaji Takashi), Yuda Kohei (Maruyama Ryuhei) adalah anak buah Reiko yang sangat menghormatinya dan tim mereka sangat solid. Berdasarkan novel misteri terlaris karangan Honda Tetsuya yang telah terjual lebih dari 1,5 juta kopi. Strawberry Night tidak hanya menceritakan soal kasus kejahatan, tapi juga menceritakan pribadi tiap karakternya, tentang tugas dan masalah yang harus mereka hadapi, hubungan antar karakter, harga diri, kebanggaan dan ketulusan menjalani profesi mereka sebagai detektif.

Sebelum renzokunya, ditayangkan dulu tanpatsunya dua tahun sebelumnya. Jadi kalo nggak nonton SP-nya tersebut, kemungkinan akan bingung dengan hubungan antar karakternya dan kenapa judulnya Strawberry Night. Beberapa kali ada, sih flashback dari SP-nya tersebut. Kekuatan utama dorama ini terletak pada karakter utamanya yang seorang wanita. Sedangkan penanganan kasus-kasus kejahatannya nggak begitu spesial dan terkadang pelakunya ketebak dengan mudah.

Walaupun karakter Himekawa menjadi daya tarik utama dorama ini, tapi aku nggak begitu suka dengan karakternya tersebut. Kendati dia seorang detektif yang hebat, berani, independen dan profesional, tapi sikapnya ke orang tuanya terutama ibunya sedikit kurang sopan dan cenderung melawan. Memang, sih mungkin sikapnya yang seperti itu karena pengaruh masa lalunya, tapi sebagai seorang wanita yang dewasa, sikapnya malah terkesan kekanak-kanakan. Tapi kalo udah berargumen dengan para lelaki di kepolisian, aku paling suka, tuh soalnya sebagai seorang wanita (ciee..), dia bisa mematahkan argumentasi para pria yang mengintimidasinya tersebut. Takeuchi Yuko memang pantas dipilih untuk memerankan karakter Himekawa sehingga kadang aku berpikiran kalo Yuko itu aslinya mungkin memiliki karakter yang sama dengan karakter yang dibawakannya tersebut.

Karakter Kikuta terlalu keliatan kalo suka sama Himekawa tapi sok cool terus. Yeah, mungkin susah mengungkapkan perasaan tersebut karena faktor bos dan anak buah. Ternyata dia yang main di Double Face. Pantasan aja wajahnya kok kayak familiar gitu. Karakternya yang cool, tenang dan tanpa ekspresi itu bikin gemes. Kikuta ini bisa dibilang tangan kanannya Himekawa-shuunin. Nishijima Hidetoshi memang nggak sekeren waktu di Double Face, tapi aku suka karakternya di sini sebagai Kikuta. Ke-cool-annya itu benar-benar bikin penasaran. Apalagi ada satu adegan yang 'wow' banget antara Kikuta dan Himekawa, hihihi...

Noriyuki yang dipanggil Nori oleh shuunin-nya, awalnya pesimis dan kecewa dengan bosnya yang seorang wanita. Apalagi dia punya trauma masa lalu yang membuatnya berpikiran kalo seorang wanita itu haruslah dilindungi karena mereka lemah. Tapi lama kelamaan pandangannya tersebut berubah total ketika semakin mengenal Himekawa yang tangguh. Jujur aja, tiap kali liat Koide Keisuke pasti keingatnya sama Okuyama Masumi di  Nodame Cantabile. Padahal jelas-jelas perannya di sini serius dan bukan konyol kayak Masumi. Sedangkan Ishikura sebagai yang paling sepuh di tim selalu dipasangkan bersama dengan Yuda yang paling junior. Ukaji Takashi udah nggak asing di dunia perdoramaan dan dorama yang dibintanginya udah  bejibun. Sedangkan Maruyama Ryuhei baru kali ini aku tonton doramanya. 
Selain itu, ada Hashizume-shachou (Watanabe Ikkei) paling sensian liat Reiko dan hampir selalu menentang pendapat Himekawa. Sedangkan Imaizumi-shachou (Takashima Masahiro) bersikap netral walaupun sebenarnya lebih pro ke Reiko. Kusaka Mamoru (Endo Kenichi) sebagai ketua tim divisi lain, merupakan saingan berat tim besutan Himekawa. Dia nggak suka cara Himekawa yang selalu mengandalkan insting ketimbang logika dan fakta. Walaupun saingan, tapi fair, kok! Justru yang agak sedikit curang adalah Katsumata Kensaku (Takeda Tetsuya) yang suka nyuri spot duluan. Selain itu dia juga suka banget berdebat, mematahkan pendapat Himekawa dan menyepelekannya. Tak ketinggalan ada Namase Katsuhisa yang jadi Ioka Hiromitsu yang paling suka gangguin Reiko dan sering merasa geer kalo Reiko suka padanya.

Jika endingnya terkesan gantung dan masih banyak teka-teki belum terjawab, ya wajar soalnya memang ada season 2 nya. Disarankan untuk menonton SP-nya dulu baru nonton renzokunya ini. Akhir kata, I love the theme song dan jadi langsung ngefans dengan GReeeeN yang bawain theme songnya, Misenai Namida wa, Kitto Itsuka.






 ***
 Details
  • Title: Strawberry Night
  • Format: Renzoku
  • Episodes: 11
  • Viewership rating: 15.3% (kanto)
  • Broadcast period: 2012-Jan-10 to 2012-Mar-20
  • Air time: Tuesday 21:00
  • Theme song: Misenai Namida wa, Kitto Itsuka by GReeeeN

Cast


Episode Titles
  • Ep. 01: Symmetry
  • Ep. 02: I don't punch with my right
  • Ep. 03: I don't punch with my right
  • Ep. 04: Taking justice too far
  • Ep. 05: Taking justice too far
  • Ep. 06: The infection game
  • Ep. 07: The bad seed / Japanese star anise
  • Ep. 08: The bad seed / Japanese star anise
  • Ep. 09: Soul Cage
  • Ep. 10: Soul Cage
  • Ep. 11: Soul Cage

Notes

  1. Based on Tetsuya Honda's detective novel "Strawberry Night" (first published by Kobunsha onFebruary 25, 2006).
Awards

 Source: DramaWiki & AsianWiki















No comments:

Post a Comment