Sunday, May 4, 2014

Chibi Maruko-chan SP (2013)


Chibi Maruko-chan SP (2013)








Berdasarkan manga terkenal karangan Sakura Momoko, Chibi Maruko-chan pertama kali terbit di majalah shōjo manga Ribon tahun 1986. Ceritanya sendiri dibuat berdasarkan pengalaman pribadi sang penulis yang mempunyai nama pena seperti karakter utama dalam manganya. Selain dibuat dalam bentuk manga, Chibi Maruko-chan juga dibuat dalam versi anime yang ditayangkan dari tahun 1990-1992 dan dilanjutkan kembali tahun 1995.  Selain dalam bentuk anime, Chibi Maruko-chan juga diadaptasi dalam bentuk live action. Dan kali ini adalah live actionnya yang keempat setelah tanpatsu Chibi Maruko-chan SP 1 dan SP 2, dan versi renzokunya Marumaru Chibi Maruko-chan sebanyak 31 episode. Tanpatsu ketiga ini hadir dengan para pemain baru kecuali sang kakek yang masih tetap diperankan oleh Moto Fuyuki.

Chibi Maruko-chan sendiri bercerita tentang kehidupan seorang anak 9 tahun kelas 3 SD bernama Sakura Momoko yang biasa dipanggil Maruko. Maruko adalah seorang anak yang pemalas, tidak teratur, dan sering terlambat ke sekolah. Sifatnya tersebut sangat kontras dengan kakaknya yang rapi, rajin,  pandai dan berpembawaan tenang. Seperti anak-anak pada umumnya, Maruko juga tidak suka mengerjakan PR dan sering bertengkar dengan kakaknya. Maruko tinggal bersama keluarganya yang terdiri dari ayah, ibu, kakek, nenek dan kakaknya. Ibu Maruko suka ngomel dan agak strict tapi perhatian, ayahnya peminum tapi penyayang. Sedangkan sang kakek begitu menyayangi Maruko dan selalu berada di pihak Maruko. Di sekolah, Maruko termasuk murid yang supel dan mempunyai banyak teman. Sahabatnya adalah Tama-chan. Teman-teman Maruko yang lain adalah Maruo si ketua kelas berkacamata, Migiwa si wakil ketua kelas yang sangat menyukai Hanawa, Hanawa yang suka memamerkan barang-barangnya dan menyukai Maruko, Nagasawa, Hamaji, Butaro, Yamada, Fujiki dan lainnya yang kesemuanya pada aneh bin unik. 

Tanpatsu-nya kali ini dibagi dalam empat segmen cerita. Yang pertama adalah "Maruko, Congratulate Your Grandfather" yaitu tentang ulang tahun sang kakek, dimana Maruko ingin mencoba menemukan hadiah yang tepat untuk ulang tahun kakeknya. Cerita kedua berjudul "Maruko, Moving to New Seats",  tentang bertukar tempat duduk di kelas Maruko. Maruko yang biasanya duduk dengan Tama-chan khawatir jika harus duduk dengan teman lainnya terutama Maruo, Migiwa dan Hanawa. Oleh karena itu dia menyiapkan mantra supaya dia tidak duduk dengan ketiga temannya itu. Sedangkan cerita ketiga berjudul "Maruko, Let's Eat Natto" yang bercerita tentang usaha Maruko untuk melawan "natto". Ya, Maruko yang nggak suka makan natto ini ingin membuktikan kalo dia juga bisa makan natto yang merupakan makanan kesukaan kebanyakan orang Jepang. Dan cerita terakhir berjudul "Maruko and Tama-chan, Find a Balloon Letter" yang mengisahkan tentang Maruko dan Tama yang menemukan sebuah balon yang berisi sebuah surat dari seorang gadis cilik bernama Aoi-chan. Akhirnya Maruko dan Aoi pun saling berbagi cerita lewat surat yang mereka tulis. Bagian terakhir ini yang paling banyak bikin ngakak sekaligus terharu. Lucu, karena Maruko kebanyakan membualnya ketimbang menceritakan yang sebenarnya tentang dirinya dan keluarganya pada Aoi sampe-sampe bilang kali dia tinggal disebuah mansion yang besar dengan puluhan pelayan, hahahaha.. 

Sebelumnya, Maruko diperankan oleh Morisako Ei dan Ito Ayaka. Dan kali ini giliran aktris cilik Shinta Maki yang memerankan karakter Maruko. Dari ketiganya, sih aku paling suka versi Morisako Ei yang menurutku paling mirip wajah dan gaya aktingnya dengan versi animenya. Pemeran ibunya kali ini adalah Iijima Naoko. Tapi entah kenapa, kok perasaanku versi ibunya Maruko kali ini kurang galak,ya?! Padahal Iijima Naoko sering banget bawaan peran yang galak-galak gitu. Tapi yang paling ku suka tetap karakter si kakek yang 'perfect' banget diperankan oleh Moto Fuyuki. Mungkin karena itu juga, beliau tetap jadi pemeran kakek di semua live actionnya. Kali ini teman-temannya Maruko dapat porsi cerita yang cukup banyak juga. Kerennya lagi, para pemainya disulap sedemikian rupa supaya mirip dengan anime/manganya. Akting para pemain cilik yang memerankan teman-teman Maruko juga oke, terutama Hanawa, Migiwa dan Maruo. Aksi-aksi konyol mereka sukses mengocok perut. Untuk bintang tamunya, ada Tani Kanon yang berperan sebagai Aoi

Buat yang suka nonton animenya, menonton live actionnya ini jadi bernostalgia menyaksikan tingkah polah Maruko yang ngegemasin bersama keluarga dan teman-temannya. Ceritanya dekat dengan kehidupan sehari-hari kita dan mungkin kita sendiri pernah mengalami kejadian-kejadian yang terjadi dalam cerita Chibi Maruko-chan ini. Menonton tanpatsu ini jadi pengen balik ke masa kanak-kanak lagi yang penuh keceriaan dan kegembiraan #terharu.

Jadi, kalo lagi stress, suntuk, nggak ada kerjaan, cobalah menikmati sajian yang satu ini. Setidaknya kalo nggak ketawa, pasti senyum-senyum sendiri menyaksikan tingkah polah Maruko yang ngegemasin. Dan pastinya menghibur dan menghilangkan sejenak beban yang ada.






Detail
  • Title : Chibi Maruko-chan Special 4
  • Format : Tanpatsu
  • Episodes : 1
  • Genre : Children
  • Network : Fuji TV
  • Release Date : October 1, 2013
  • Runtime : Tuesday 7.00 PM
Cast
  • Maki Shinta as Maruko
  • Iijima Naoko as Sakura Sumire (mother)
  • Kojima Kazuya as Sakura Hiroshi (father)
  • Moto Fuyuki as Sakura Tomozō (GF)
  • Washio Machiko as Sakura Kotake (GM)
  • Makita Aju as Sakura Sakiko (sister)
  • Kasai Shinsuke as Togawa-sensei
  • Takei Sō as a mailman








8 comments:

  1. nggak ada link download videonya ya?

    ReplyDelete
  2. coba cari di doramax atau idws

    ReplyDelete
  3. gak ada subtitle indonesia nya y kk? :3

    ReplyDelete
  4. Kayaknya, sih nggak ada.. tapi coba cek di idws

    ReplyDelete
  5. anoo... kalau mau nonton yg renzoku kemna yah?? yg diperanin Ayaka ito... mohon info-a...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ga tau .. kemarin dikasi teman sih linknya tapi berhubung nggak ada subtitlenya jadinya ga digubris.. hehe..

      coba searching aja siapa tau ketemu :)

      Delete