Saturday, March 22, 2014

Manhattan Love Story (2003)


Manhattan Love Story (2003)






 





Di seberang stasiun TV Chuo, berdiri sebuah café shop bernama Manhattan. Pemiliknya adalah seorang barista yang dipanggil Tenchou (Matsuoka Masahiro) – namun Tenchou sendiri sebenarnya lebih ingin dipanggil master oleh pelanggannya. Tenchou nyaris sama sekali tidak pernah berbicara - kecuali untuk hal-hal yang sangat penting dan mengharuskannya mengeluarkan suara - dan lebih sering berbicara dalam hati. Oleh karena itu, keberadaan Shinobu (Tsukamoto Takashi) sebagai pelayan di cafe tersebut sangat membantunya. Tenchou sangat mencintai kopi buatannya dan mengharapkan para pelanggannya menikmati kopi buatannya yang dibuat dengan segenap hati. Sayangnya, justru kebanyakan pelanggannya kini datang ke cafe tersebut justru bukan untuk menikmati kopi buatannya, melainkan untuk urusan cinta. Mereka menggunakan cafe tersebut sebagai tempat untuk menyatakan cinta, putus cinta, kencan sampai ke urusan pernikahan. Beberapa pelanggan setia cafe Manhattan tersebut adalah Akabane Nobuko (Koizumi Kyoto), seorang supir taksi perempuan; Bessho Hideki alias Besshi (Oikawa Mitsuhiro), seorang penari yang menjadi choreografer tari di sebuah dorama berjudul Karuizawa; Chikura Maki (Morishita Aiko), penulis skenario dorama Karuizawa; Doigaki Satoshi (Matsuo Suzuki), seorang seiyuu; Emoto Shiori alias Emo-yan (Sakai Wakana), pembawa acara ramalan cuaca, dan Funakoshi (Funakoshi Eiichiro) aktor yang bermain di dorama Karuizawa yang ternyata malah terlibat dalam love affair. Secara tidak langsung, Tenchou malah sering ”menguping” pembicaraan para pelanggannya tersebut dan turut andil dalam masalah-masalah cinta yang mereka hadapi.

Sejak nonton Amachan (yang sampai saat ini belum kelar di tonton), aku jadi suka sama dorama-dorama buatan KudoKan alias Kudo Kankuro – yang ternyata secara nggak sadar udah pernah menonton doramanya selain Amachan yaitu Ryuusei no Kizuna. Kudokan memang terkenal sebagai scriptwriter spesialis dorama bertema komedi seperti yang satu ini, Manhattan Love Story. Udah lama, sih penasaran sama dorama ini tapi karena waktu itu liat genrenya romance comedy, jadi nggak begitu tertarik, eh...ternyata sumpah porsi komedinya malah jauh lebih banyak dibanding romancenya. Dan akhirnya aku jadi suka dan mulai menonton dorama-doramanya KudoKan (saat ini lagi nonton Kisarazu Cat’s Eye). Bisa dibilang dorama ini adalah dorama komedi absurd. Ya, banyak hal-hal absurd yang seringkali membuatku menyerngitkan dahi sekaligus melongo dan kemudian tertawa keras-keras melihat adegan-adegan dan cerita absurdnya yang unik bin menarik. Keabsurdan ceritanya sukses membuatku tertawa terus sepanjang episodenya. Tapi, mungkin buat beberapa orang – terutama yang tidak terbiasa menonton dorama – komedinya malah terkesan lebay dan nggak lucu sama sekali. Tapi kalo udah terbiasa dengan hasil karya seorang KudoKan, pasti deh takjub dan setuju kalo dorama ini memang merupakan dorama absurd yang lucu banget. Terakhir aku nonton dorama absurd lucu gini waktu nonton Hanazakari no Kimitachi e. Jadi, bisa dibilang dorama ini menjadi dorama pelepas penat dan penghilang stressku belakangan ini, hehehe...

Belum lagi di akhir setiap episodenya, selalu ada kejutan-kejutan tak terduga dan bikin penasaran terus. Yang paling bikin shock sampe saat ini adalah di episode enam. Masih nggak rela dengan karakter yang diperankan oleh Tsukamoto Takashi harus seperti itu, hiks..  Apalagi Takashi satu-satunya yang bikin segar mata di sini, soalnya memang para pemainnya bukan para ikemen ataupun idol grup. Tapi untuk urusan akting, nggak usah diragukan lagi. Semuanya memainkan perannya dengan sangat baik. Karakternya pun unik semua (khas dorama banget) dan tentunya lucu. Tenchou adalah salah satu karakter yang lucu terutama ekspresi dan gesturenya ketika dia sedang berbicara dalam hati. Jika dia mencoba membantu permasalahan cinta para pelanggannya, maka serta merta sikapnya yang kaku berubah total dan pastinya selalu ada adegan lari kencang sambil teriak dan membuang kumis palsunya. Gomen, jadi spoiler, deh! Matsuoka Masahiro yang merupakan drummer Tokio ternyata mampu bermain bagus sebagai Tenchou. Lalu karakter Akabane juga tak kalah lucunya.  Koizumi Kyoko mampu memerankan karakter Akabane yang memiliki kepribadian unik ini. Seunik apa? Tonton aja sendiri biar tau, hihihi... Selanjutnya adalah Besshi yang diperankan oleh Oikawa Mitsuhiro. Aku nggak tau Oikawa Mitsuhiro ini beneran dancer atau nggak tapi yang pasti tubuhnya lincah meliuk-liuk ketika menari. Dan baru sadar kalo dia yang jadi temannya Hanzawa di Hanzawa Naoki. Karakternya beda banget di sini dengan di Hanzawa Naoki. Berikutnya Chikura yang diperankan oleh Morishita Aiko yang merupakan aktris langganan Kudokan. Hampir di semua dorama Kudokan yang ku tonton ada Morishita Aiko. Begitu juga Sakai Wakana yang memerankan Emo-yan pasti wajahnya selalu menghiasi dorama Kudokan. Pemain lainnya yang selalu jadi langganan Kudokan adalah Omi Toshinori yang jadi Ibori. Nah, disini  Omi Toshinori adalah rekan kerja Koizumi Kyoko sedangkan di Amachan dia jadi suami Kyoko. Ya, Kudokan memang suka memakai pemain yang sama hampir di setiap doramanya. So, siap-siap aja (agak) bosan melihat pemain yang itu lagi itu lagi di dorama-dorama Kudokan. Tapi biar begitu akting mereka bagus semua, kok jadi kebosanan itu bisa tertutupi. Apalagi karakter yang mereka mainkan selalu beda.

Balik lagi ke soal ceritanya yang menyajikan kisah cinta bersegi-segi, romance-nya sendiri disajikan dengan cara yang unik dan fresh sehingga nggak bikin bosan, terutama buat yang bukan penikmat pure romance seperti aku ini. Dan tentunya endingnya pun nggak bakal tertebak siapa dengan siapa, karena di tangan seorang KudoKan semuanya bisa berubah total sesuai prediksi kita. So, Manhattan Love Story ini memang pantas untuk ditonton, terutama untuk penyuka romance comedy. Bahkan yang bukan penyuka pun pasti akan menyukainya. Trust me! Oh, ya di dorama ini, negara kita sering banget disebutkan, terutama karena menghasilkan kopi yang enak seperti mandheling coffee (yang tertera di dinding cafenya).






***

Details

  • Title: マンハッタンラブストーリー
  • Title (romaji): Manhattan Love Story
  • Format: Renzoku
  • Genre: Romance, comedy, drama
  • Episodes: 11
  • Broadcast network: TBS
  • Broadcast period: 2003-Oct-09 to 2003-Dec-18
  • Air time: Thursday 22:00
  • Theme song: Love Love Manhattan by TOKIO

Cast

Guests

 
Episode Titles

  • Ep 01: I Fell in Love with your Eyes
  • Ep 02: A Dance Party for Two
  • Ep 03: God of Romance
  • Ep 04: Hollywood Scandal
  • Ep 05: I Who Became a Fish
  • Ep 06: X-ray Boy
  • Ep 07: You Are More Beautiful Than A Rose
  • Ep 08: Space Fantasy
  • Ep 09: A Happy Date of Love
  • Ep 10: Santa Claus is my Lover
  • Ep 11: Your Name

Recognition


***Source: DramaWiki & AsianWiki

















No comments:

Post a Comment