Saturday, June 15, 2013

ST Keishichou Kagaku Tokusou Han (2013)


ST Keishichou Kagaku Tokusou Han (2013)













Suka dorama bergenre komedi? Suka cerita detektif juga? Hmm.. mungkin dorama tanpatsu yang ini bisa jadi alternatif hiburan. Pemainnya pun udah sering wara-wiri di dunia perdoramaan. Ada Fujiwara Tatsuya, Okada Masaki, Shida Mirai, Kubota Masataka, Ashina Sei dan lainnya.

Cerita dorama ini adalah tentang lima peneliti khusus dari lab kriminal Tokyo Metropolitan Police Department (MPD) yang dikumpulkan menjadi satu membentuk Scientific Task Force (ST) yang ditugasi untuk menginvestigasi sebuah kasus penembakan. Yurine Tomohisa (Okada Masaki) dipercaya sebagai kaptem tim ST tersebut. Yurine orangnya sering ragu-ragu, nggak pedean, kikuk tapi juga ingin perfeksionis (wow!).

Para anggota ST lainnya adalah orang-orang yang nyentrik abis. Aoyama Sho (Shida Mirai) yang ahli profiling dan lulusan PhD jurusan psikologi kriminal dari Amrik di usianya yang masih sangat muda. Aoyama ini phobia kerapian (loh?). Makanya, kalo lagi mikir, sekelilingnya harus berantakan, baru otaknya jalan dan bisa berpikir jernih. Pantasan rambutnya juga acak-acakan nggak jelas gitu!.Lalu ada Yuki Midori (Ashina Sei) yang ahli fisika dan memiliki pendengaran sangat tajam. Yuki adalah anggota ST yang paling keren dan modis. Sayangnya, dia Claustrophobia dan phobia di dekat laki-laki. Selanjutnya ada Kurosaki Yuji (Kubota Masataka) yang ahli kimia dan memiliki indera penciuman yang luar biasa tajam. Yuji ini phobia dengan benda-benda berbentuk lurus dan tajam. Yuji juga berhenti ngomong karena suatu hal. Next, Yamabuki Saizo (Miyake Hiroki) yang ahli kimia sekaligus biksu. Saizo-lah yang selalu menerjemahkan maksud yang ingin disampaikan oleh Yuji. Sayangnya, dia insomnia berat. Yang terakhir adalah Akagi Samon (Fujiwara Tatsuya) yang merupakan ketua tim ST. Akagi, ahli forensik dan analisis, tetapi phobia bertemu dan bersosialisasi dengan orang lain. Saking phobianya, dia sampai mengunci dirinya dalam ruangan dan melakukan analisis kasus didalam ruangan tersebut berdasarkan informasi yang didapat dari anggota lainnya. 

Bisa dibayangkan, kan kalo lima orang yang memiliki kemampuan khusus dengan karakter nyentrik dan berbagai phobia bersatu? Yurine, yang bisa dikatakan yang paling "normal" diantara anggota lainnya, jadi pusing tujuh keliling menghadapi para anggota lainnya. Tugasnya untuk mengatur mereka menjadi pekerjaan yang teramat berat. Karirnya di kepolisian bahkan nyaris terancam gara-gara ulah anggota lainnya. Sebenarnya, sih menurutku karena Yurine kurang tegas aja. Tapi menghadapi orang-orang nyentrik bin unik kayak para anggota ST ini memang harus mempunyai mental baja, bokk!!


Bisa dibilang ini dorama komedi detektif karena disamping kita diajak mikir tentang pemecahan kasus yang terjadi, kita juga jadi ketawa terpingkal-pingkal (atau minimal senyum) ngeliat tingkah polah para anggota ST khususnya. Untungnya aja, kasusnya termasuk rumit dan ada twistnya sehingga dorama ini nggak hanya berisi komedi doank.


Fujiwara Tatsuya. Hmm.. baru kali ini liat dia di dorama. Lebih sering liat dia main film. Kayaknya soal akting, sih nggak usah diragukan lagi dan kali ini pun dia bermain cukup baik. Begitu juga dengan Okada Masaki yang aktingnya tambah bagus walau pun karakter yang diperankannya sedikit mirip karakter Sekime di Hanakimi. Justru akting yang menawan ditampilkan oleh Shida Mirai. Si mungil satu ini memang nggak bisa dipandang sebelah mata. Biar pun aku nggak pernah nonton doramanya dimana dia jadi main cast, tapi dari beberapa dorama yang kutonton biar pun dia cuma jadi bintang tamu, aktingnya udah sangat mumpuni untuk aktris seusianya.


Oh, ya biar pun banyak komedinya tapi agak slapstick gitu. Maklum aja, deh Jepang emang banyakan bikin komedi slapstick gitu. Jadi, buat yang nggak suka tipe komedi kayak gitu, dorama ini nggak direkomendasikan sama sekali. Yang ada nanti malah komen, 'pada lebay semua adegannya'. Trus, dengar-dengar tanpatsu ini bakalan dibuat jadi renzoku, nih! Well, we'll see!!










Details

  • Title: ST 警視庁科学特捜班
  • Title (romaji): ST Keishichou Kagaku Tokusouhan
  • Format: Tanpatsu
  • Genre:
  • Viewership ratings:
  • Broadcast network: NTV
  • Air Time: 21:00
  • Broadcast date: 2013-Apr-10

Cast

Notes

  • Based on the novel "ST Keishicho Kagaku Tokusou Han" by Bin Konno (published March 1998 by Kodansha Ltd.). 









































































































































No comments:

Post a Comment